Rusia kepada Inggris: Setop Provokasi di Laut Hitam!

Selasa, 06 Juli 2021 - 18:49 WIB
loading...
Rusia kepada Inggris: Setop Provokasi di Laut Hitam!
Rusia menyerukan Inggris untuk menghentikan aksi provokasi di Laut Hitam. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusiamenyerukan Inggris untuk menghentikan aksi provokasi mereka setelah insiden dengan kapal perang HMS Defender. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov, seraya menambahkan bahwa Laut Hitam bukanlah tempat untuk permainan semacam itu.

"Anda perlu berbicara selangsung mungkin dengan para provokator, secara substantif menjelaskan dengan jari Anda bahwa lain kali mereka harus mengesampingkan provokasi mereka dan tidak ikut campur di sini. Dan risiko konflik sebagai akibat dari ini dapat meningkat bahkan lebih," kata Ryabkov dalam sebuah wawancara dengan majalah Mezhdunarodnaya Zhizn yang dinukil Sputnik, Selasa (6/7/2021).

"Laut Hitam bukan tempat di mana permainan seperti itu diizinkan," tegasnya.

Pada 23 Juni, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kapal perusak Angkatan Laut Inggris HMS Defender memasuki perairan teritorial negara itu di dekat Tanjung Fiolent di Crimea. Armada Laut Hitam Rusia dan pasukan keamanan perbatasan harus melepaskan tembakan peringatan untuk mengalihkan kapal perusak tersebut.

Militer juga mengerahkan pesawat tempur Su-24M untuk menjatuhkan bom di jalur HMS Defender, guna memaksa kapal perusak Inggris itu meninggalkan perairan Rusia setelah mengabaikan peringatan lain yang memerintahkannya untuk melakukannya.



London secara resmi menyatakan bahwa tidak ada tembakan peringatan yang ditembakkan ke HMS Defender, dan kapal itu hanya melakukan lintas damai melalui perairan teritorial Ukraina sesuai dengan hukum internasional.

Inggris menganggap Crimea – semenanjung Rusia yang secara historis diserap kembali oleh Moskow setelah referendum 2014 – masih menjadi bagian dari Ukraina. Wilayah vital yang strategis, yang sebagian besar merupakan etnis Rusia, ditandatangani bagian dari Kiev, pada tahun 1954, sementara kedua negara adalah bagian dari negara serikat. Langkah itu dibuat untuk alasan praktis dan simbolis oleh Nikita Khrushchev, yang dibesarkan di Donbass.



Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengulangi klaim Kementerian Pertahanan negara itu tentang "lintasan tidak bersalah" kapal perangnya, menunjukkan bahwa ia merasa "sepenuhnya tepat" untuk melakukan kegiatan semacam itu dan terus menghindari pengakuan yurisdiksi Rusia atas Crimea.



Insiden itu menandai pertama kalinya sejak Perang Dingin bahwa Moskow mengakui menggunakan peluru tajam untuk menghalangi kapal perang NATO, menggarisbawahi meningkatnya ancaman tabrakan militer di tengah ketegangan Rusia-Barat.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)