Rayakan Hari Kemerdekaan AS, Biden Buka Gedung Putih untuk Pesta

Senin, 05 Juli 2021 - 11:04 WIB
loading...
Rayakan Hari Kemerdekaan AS, Biden Buka Gedung Putih untuk Pesta
Presiden Amerika Serikat Joe Biden berpidato untuk perayaan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat di Gedung Putih, 4 Juli 2021. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden merayakan ulang tahun ke-245 kemerdekaan Amerika Serikat (AS) pada hari Minggu (4/7/2021) dengan membuka pintu Gedung Putih untuk pesta. Dia juga menyerukan orang-orang Amerika untuk vaksin guna mengakhiri pandemi COVID-19 sekali dan untuk selamanya.

"Tahun ini Tanggal Empat Juli adalah hari perayaan khusus karena kita bangkit dari kegelapan...tahun pandemi dan isolasi, tahun rasa sakit, ketakutan, dan kehilangan yang memilukan," kata Biden dalam pesta Gedung Putih yang dibuka untuk sekitar 1.000 orang, termasuk keluarga militer dan pekerja yang terlibat dalam penanganan COVID-19.



Acara Gedung Putih terbesar sejak Biden menjabat pada Januari termasuk pesta burger dan kembang api dan diarahkan untuk memberi orang Amerika sesuatu untuk dirayakan ketika tanda-tanda normal telah kembali setelah pandemi virus corona yang telah menewaskan lebih dari 600.000 orang Amerika.

Namun, negara itu gagal mencapai tujuan Biden untuk membuat 70 persen orang dewasa AS mendapatkan setidaknya satu suntikan vaksin pada hari Minggu. Angkanya sekitar 67 persen karena beberapa orang menolak untuk disuntik, meningkatkan kekhawatiran di kalangan pejabat kesehatan karena varian Delta yang lebih agresif mengancam untuk menghasilkan lonjakan kasus COVID-19.

Biden berduka atas orang-orang yang meninggal, memuji orang Amerika yang membantu dalam tanggap darurat negara itu dan mengatakan vaksin adalah pertahanan terbaik melawan varian baru virus corona.

“Ini adalah hal paling patriotik yang dapat Anda lakukan,” kata Biden tentang vaksinasi seperti dikutip Reuters, Senin (5/7/2021).

Tetapi pemerintahan Biden juga ingin merayakan apa yang dilihatnya sebagai pencapaian khasnya, yakni memulihkan beberapa keadaan normal bagi negara yang lelah dengan pembatasan dan kesulitan pandemi, beban yang telah berkurang tetapi tidak hilang dengan ketersediaan inokulasi yang meluas.



Pandemi memaksa pembatalan hampir semua perayaan tahun lalu dan menyebabkan pelantikan Januari untuk presiden dari Partai Demokrat tanpa gala tradisional dan kebersamaan bipartisan ketika mantan Presiden Partai Republik Donald Trump menolak kekalahannya dalam pemilihan presiden.

Keamanan seperti benteng di sekitar Washington setelah serangan 6 Januari di US Capitol dilonggarkan saat kerumunan menandai deklarasi kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1776.

Pagar di sekitar Gedung Putih telah dikurangi secara dramatis, dan pada hari Minggu jalan-jalan dipenuhi dengan orang-orang yang memotret iring-iringan mobil presiden yang kembali dari perjalanan akhir pekan yang santai ke perkebunan ceri Michigan, lapangan golf, dan rumah keluarga Delaware.

Setelah pidato, presiden dan para tamu bersiap untuk menyaksikan pertunjukan kembang api selama 17 menit dari kedua sisi Lincoln Memorial Reflecting Pool.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)