China Rayakan Ulang Tahun ke-100 Partai Komunis

Kamis, 01 Juli 2021 - 07:25 WIB
loading...
China Rayakan Ulang Tahun ke-100 Partai Komunis
China rayakan ulang tahun ke-100 Partai Komunis. Foto/The Economist
A A A
BEIJING - China merayakan peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis yang berkuasa sebagai puncak dari propaganda besar-besaran. Para pejabat partai belum mengungkapkan sebuah program tetapi Presiden Xi Jinping diperkirakan akan memberikan pidato pada hari ini, Kamis (1/7/2021).

Negara ini telah menyaksikan beberapa acara berskala besar dan ledakan media dalam beberapa pekan terakhir yang mempromosikan versi sejarah China yang disetujui partai.

Hong Kong juga menandai akan peringatan serah terima dari Inggris ke China pada tanggal yang sama.

Partai Komunis China (PKC), yang didirikan pada tahun 1921, berkuasa 72 tahun yang lalu setelah perang saudara yang panjang. Pada saat itu China telah mengalami perubahan besar-besaran, tetapi beberapa dari tonggak ini secara mencolok hilang dalam dorongan propaganda.

Pada hari Senin, sebuah pertunjukan seni berjudul The Great Journey dipentaskan di stadion Bird's Nest di Beijing, di mana para pemain mengenakan set-piece mewah yang merinci sejarah pesta dan negara.

Lihat foto: Panggung Spektakuler Perayaan 100 Tahun Partai Komunis China

"Tetapi peristiwa penting seperti pembersihan Revolusi Kebudayaan, protes Lapangan Tiananmen 1989, dan protes pro-demokrasi di Hong Kong hilang," lapor kantor berita AFP yang dinukil BBC.

Sejak April, bioskop China diperintahkan untuk memutar film propaganda, yang dikenal sebagai "film merah", setidaknya dua kali seminggu. Sementara itu, 100 drama televisi yang merayakan hari jadinya telah dijadwalkan tayang sepanjang tahun.

Sebuah lagu berjudul 100% yang memuji pencapaian China dan menampilkan 100 rapper juga dirilis.

"Wisata merah" juga menjadi populer, dengan perusahaan perjalanan seperti Ctrip meluncurkan 100 rute unik untuk "pelancong merah".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)