Rusia Rilis Video Jet Tempur Su-24M Terbang di Atas Kapal Perang Inggris

Jum'at, 25 Juni 2021 - 02:15 WIB
loading...
Rusia Rilis Video Jet Tempur Su-24M Terbang di Atas Kapal Perang Inggris
Rusia merilis video jet tempur Su-24M terbang di atas kapal perang Inggris HMS Defender. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Rusia merilis video yang menunjukkan momen jet tempur Su-24M terbang di atas kapal perang Inggris , HMS Defender, di Laut Hitam . Sebelumnya, pihak kementerian mengatakan bahwa sebuah kapal perang Rusia telah melepaskan tembakan peringatan setelah HMS Defender, melanggar perbatasan maritim Rusia di Laut Hitam.

Video yang diambil dari dalam kokpit jet tempur itu memperlihatkan kapal perusak Inggris sebelum pesawat Rusia melepaskan tembakan peringatan. Dalam potong video berikutnya memperlihatkan tiga jet tempur Rusia berdengung di atas kapal perang Inggris, sedangkan sebuah kapal perang Rusia membuntutinya dari belakang.



Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kapal perang Inggris telah diperingatkan bahwa pemboman akan dilakukan jika melanggar perbatasan Rusia tetapi kapal mengabaikan pesan tersebut.

"Setelah tembakan dilepaskan, HMS Defender meninggalkan area tersebut," kata Kementerian Pertahanan Rusia seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (25/6/2021).



Namun, Inggris membantah jika Rusia telah melepaskan tembakan peringatan dan mengatakan kapal perangnya melakukan lintasan yang tidak bersalah melalui perairan teritorial Ukraina sesuai dengan hukum internasional.



Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya memandang tindakan kapal perang Inggris sebagai "provokasi kotor" dan juga telah memanggil atase pertahanan Kedutaan Besar Inggris di Moskow untuk menyuarakan keprihatinan mereka atas insiden tersebut.

Insiden itu menandai pertama kalinya sejak Perang Dingin bahwa Rusia mengakui menggunakan peluru tajam untuk menghalangi kapal perang NATO.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2162 seconds (0.1#10.140)