Terungkap, Misteri Pengerahan Jet Tempur F-22 Bersenjata Rudal di Hawaii

Rabu, 23 Juni 2021 - 22:28 WIB
loading...
Terungkap, Misteri Pengerahan Jet Tempur F-22 Bersenjata Rudal di Hawaii
AS kerahkan jet-jet tempur F-22 Raptor sebagai tindakan pencegahan terhadap pesawat pembom Rusia di dekat Hawaii. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Misteri pengerahan jet tempur siluman F-22 Raptors bersenjata rudal di Hawaii akhirnya terungkap. Jet-jet tempur Amerika Serikat (AS) dua kali terbang di atas Hawaii awal bulan ini sebagai tindakan pencegahan terhadap pelatihan pesawat pembom Rusia di wilayah tersebut.

Dikutip dari ABC News, Rabu (23/6/2021), seorang pejabat pertahanan AS mengatakan bahwa jet tempur F-22 Raptors dikirim untuk berpatroli dari Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam dekat Honolulu pada 13 dan 18 Juni karena latihan militer skala besar Rusia yang berlangsung di lepas pantai Hawaii.



Sementara beberapa laporan media mengatakan bahwa jet-jet Amerika "berebut" untuk merespons ancaman pesawat-pesawat tempur Rusia saat mereka terbang dekat dengan wilayah udara teritorial AS, kenyataannya tampaknya kurang mendesak daripada yang diduga oleh media-media mainstream. Pejabat pertahanan AS mengatakan kepada ABC News bahwa pesawat Rusia datang tidak lebih dari sekitar 150 mil dari pantai Hawaii.

Seorang pejabat pertahanan AS kedua mengatakan kepada ABC News bahwa pembom Rusia bahkan tidak pernah memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ), sebuah area di wilayah udara internasional yang berfungsi sebagai penyangga di luar wilayah udara teritorial suatu negara untuk memberinya waktu mencegat dan memeriksa pesawat apa pun sebelum pesawat itu mungkin mencapai wilayah berdaulat.

Oleh karena itu, F-22 tidak pernah mencegat pesawat-pesawat tempur Rusia melainkan dikirim melalui udara terutama sebagai tindakan pencegahan jika mereka menyeberang ke ADIZ, yang dengan sendirinya akan menjadi penghalang bagi mereka memasuki wilayah udara teritorial AS.

Seorang juru bicara Komando Indo-Pasifik Angkatan Bersenjata AS memberikan ABC News pernyataan yang sama sebagai tanggapan atas pertanyaan terpisah tentang patroli udara awal bulan ini.

“Angkatan Udara Pasifik secara teratur melakukan operasi udara di wilayah udara sekitar Hawaii. Sebagai masalah kebijakan, kami tidak membahas taktik, teknik, atau prosedur yang digunakan oleh pesawat Angkatan Udara AS karena persyaratan keamanan operasional,” kata juru bicara itu.

“Angkatan Udara AS berdedikasi untuk memastikan tanah air dipertahankan dan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka untuk semua negara. Kami akan terus terbang di wilayah udara internasional dengan memperhatikan keselamatan semua kapal dan pesawat di bawah hukum internasional,” sambungnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)