Silaturahim Virtual dan Lebaran Drive-Through Warnai Idul Fitri di AS

Selasa, 26 Mei 2020 - 15:15 WIB
loading...
Silaturahim Virtual dan Lebaran Drive-Through Warnai Idul Fitri di AS
Warga Indonesia mengikuti Lebaran Drive-Through yang digelar IMAAM Center dan KBRI Washington DC. Foto/KBRI Washington DC
A A A
WASHINGTON - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung tidak melunturkan semangat dan kerinduan masyarakat dan diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS) untuk tetap bersilaturrahim dan merayakan Lebaran.

Dengan memanfaatkan teknologi dan berbekal kreativitas yang didukung semangat gotong royong yang kuat, suasana khas Hari Raya Idul Fitri berhasil dihadirkan melalui kegiatan Silaturrahim Virtual, E-Takbiran, dan Lebaran Drive-Through, yang berlangsung sejak malam terakhir bulan Ramadhan hingga hari pertama Idul Fitri tahun ini.

Diawali dengan acara “Silaturrahim Virtual Menyambut Lebaran”, yang diselenggarakan KBRI Washington DC dengan dukungan berbagai organisasi masyarakat dan diaspora Indonesia di ibukota AS dan wilayah sekitarnya, antusiasme masyarakat untuk merayakan Lebaran langsung terasa.

Acara yang disiarkan secara langsung melalui laman Facebook KBRI Washington DC pada Hari Sabtu malam (23/5) ini menjadi wadah yang efektif sekaligus aman untuk saling sapa dan saling bermaafan bagi masyarakat dan diaspora Indonesia di AS di tengah adanya pembatasan dalam rangka pencegahan penyebaran wabah virus corona.

“Kita semua, baik yang berada di AS maupun di tanah air, sedang menghadapi pandemi Covid-19. Namun situasi yang sulit ini tidak akan pernah bisa melunturkan semangat dan antusiasme kita semua untuk merayakan hari Lebaran dengan penuh suka cita, kebahagiaan, dan semarak,” ujar Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Washington DC / Wakil Duta Besar RI untuk AS dalam sambutannya.

“Mari kita gunakan momentum Lebaran ini sebagai penumbuh asa dan optimisme untuk bersama-sama keluar dari situasi sulit akibat wabah COVID-19,” imbuhnya.

Puluhan pesan dan ucapan selamat Lebaran yang berasal dari organisasi/komunitas keagamaan, sosial budaya, dan kemasyarakatan WNI dan diaspora Indonesia di Washington DC dan wilayah sekitarnya ditayangkan dalam acara tersebut.

Di puncak acara, ditampilkan video berisi pesan khusus dari Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi.

Selain menyampaikan salam Idul Fitri, Menlu Retno juga berpesan agar masyarakat dan diaspora Indonesia di luar negeri tetap semangat dan penuh suka cita menyambut Hari Kemenangan dan bersatu untuk dapat keluar dari pandemi COVID-19. “Stay strong, stay healthy, and stay united,” ujar Menlu Retno menutup pesannya.

Acara yang dipandu Nani Afdal, Direktur Humas IMAAM Center (Indonesian Muslim Association in America) sekaligus pegiat seni budaya Minang di AS, dan Rahmat Hindiarta Kusuma, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, KBRI Washington DC tersebut juga diisi pembacaan puisi religi berjudul “Terima Kasih Tuhan” oleh Yuno Baswir, seniman lukis kawakan lulusan ISI Yogyakarta yang sudah puluhan tahun tinggal di AS, dan doa oleh Ustad Fahmi Zubir, Imam Masjid IMAAM Center.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)