Dua Intelijennya Ditembak Mati Pasukan Khusus Israel, Ini Reaksi Palestina

loading...
Dua Intelijennya Ditembak Mati Pasukan Khusus Israel, Ini Reaksi Palestina
Para tentara Israel yang menyamar terlibat baku tembak dengan intelijen militer Palestina di Jenin, Tepi Barat. Foto/Ilustrasi SINDOnews.com
RAMALLAH - Pemerintah Otoritas Palestina (PA) bereaksi keras setelah dua anggota intelijen militernya tewas dalam baku tembak dengan pasukan khusus Israel yang menyamar di Jenin, Rabu malam.

Nabil Abu Rudeineh, juru bicara Presiden PA Mahmoud Abbas, mengatakan insiden itu adalah eskalasi berbahaya. PA, kata dia, meminta Israel bertanggung jawab atas konsekuensinya.

Baca juga: Baku Tembak dengan Tentara Israel yang Menyamar, 2 Intelijen Palestina Tewas



Baku tembak pecah ketika para personel pasukan khusus Israel yang menyamar sebagai warga sipil memasuki Jenin, wilayah Palestina di Tepi Barat, untuk mengejar dua anggota Brigade Al-Quds, Jihad Islam Palestina (PIJ).

Sumber keamanan Israel mengatakan dua anggota Brigade Al-Quds dikejar untuk ditangkap atas dugaan menyerang pasukan Zionis baru-baru ini.

Kedua perwira intelijen Palestina telibat baku tembak dan terbunuh, diduga karena salah paham.

Personel keamanan PA jarang bentrok dengan pasukan Israel dan biasanya menghindari serangan Zionis di Tepi Barat.

Wakil Gubernur Jenin Kamal Abu El-Rub mengatakan pasukan Israel yang menyamar sebagai warga sipil membunuh satu orang—yang diklaim oleh PIJ sebagai anggotanya—dan melukai anggota yang lain ketika mereka duduk di dalam mobil di luar markas dinas keamanan intelijen militer Palestina.

"Dua petugas intelijen militer Palestina membalas tembakan dan tewas," kata El-Rub kepada Reuters di rumah sakit tempat orang-orang yang tewas itu dibawa, yang dilansir Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Israel Sambut Kapal Perang Sa'ar 6 Kedua, Ini Deretan Senjata Canggihnya



Sumber keamanan Israel mengatakan bahwa setelah baku tembak awal dengan para anggota PIJ, para petugas intelijen militer Palestina dipanggil untuk datang ke lokasi keributan dan menembak ke arah pasukan Israel.

"Tampaknya unit yang mereka tembak sedang menyamar," kata sumber itu. "Pasukan kami membalas, tampaknya berpikir bahwa penembakan dari petugas keamanan Palestina adalah bagian dari bentrokan dengan para petempur [PIJ] yang dicari."

Tidak ada komentar resmi Israel tentang insiden Rabu malam.

Otoritas Palestina mengoordinasikan keamanan dengan Israel di Tepi Barat meskipun pembicaraan lama terhenti untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Selama pertempuran bulan lalu atas Gaza yang dikelola Hamas, kerusuhan juga berkobar di Tepi Barat.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top