Liga Arab Sambut Keputusan Dewan HAM Bentuk Komisi Investigasi Selidiki Kejahatan Israel

Senin, 31 Mei 2021 - 17:33 WIB
loading...
Liga Arab Sambut Keputusan Dewan HAM Bentuk Komisi Investigasi Selidiki Kejahatan Israel
Liga Arab menyambut baik resolusi Dewan HAM PBB untuk membentuk komisi internasional guna menyelidiki pelanggaran Israel terhadap Palestina. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Liga Arab menyambut baik resolusi Dewan HAM PBB untuk membentuk komisi internasional guna menyelidiki pelanggaran Israel terhadap Palestina. Komisi itu bertugas menyelidiki pelanggaran yang dilakukan Israel dalam serangan terakhir di Gaza.

Pekan lalu, Dewan HAM PBB mengadopsi resolusi yang menyerukan pembentukan segera komisi penyelidikan independen internasional untuk menyelidiki pelanggaran HAM Israel selama serangannya di wilayah Palestina yang diduduki sejak 13 April.

Liga Arab mengatakan bahwa resolusi itu datang sehubungan dengan pembersihan etnis di lingkungan Sheikh Jarrah, lingkungan Silwan dan agresi di Gaza.

"Resolusi itu mencerminkan kesediaan komunitas internasional untuk membela tanggung jawab mereka terhadap apa yang dihadapi rakyat Palestina dari pembantaian, dan pelanggaran," ucap Asisten Sekretaris Jenderal Liga Arab, Saeed Abu Ali.

Abu Ali, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (31/5/2021), menyerukan untuk mempercepat pembentukan komisi penyelidikan dan menekan Israel agar tidak menghalangi pekerjaan komisi itu.

"Komisi tersebut akan menyelidiki semua dugaan pelanggaran hukum humaniter internasional yang mengarah ke dan sejak 13 April 2021 dan semua akar penyebab ketegangan yang berulang, ketidakstabilan, dan berlarut-larutnya konflik, termasuk diskriminasi dan penindasan sistematis berdasarkan nasional, etnis, ras, atau identitas agama," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)