Saat Perang Berdarah, 43 Warga Gaza Diduga Jadi Mata-mata Israel

Sabtu, 29 Mei 2021 - 14:36 WIB
loading...
A A A
"Ketika pihak berwenang di Gaza ingin membuang hak pertahanan, mereka akan meminta pengadilan lapangan militer dan mengaktifkannya secara ilegal," imbuh dia.

Dia menunjukkan bahwa Pusat Hak Asasi Manusia Palestina tidak pernah menerima pengaduan tentang eksekusi terhadap para kolaborator, karena kasus-kasus ini sangat pelik.

“Keluarga yang dieksekusi ragu-ragu untuk berbicara atau mengajukan pengaduan, mengingat stigma yang menimpa keluarga tersebut (bahwa putra mereka bekerja dengan Israel). Di tengah kekacauan hukum di Jalur Gaza, persidangan informan tunduk pada kehendak hakim dan tekanan opini publik," katanya.

Dia lebih lanjut berpendapat bahwa hakim di pengadilan lapangan militer cenderung percaya tuduhan pasukan keamanan Hamas. “Pengadilan harus melakukan pengawasan atas pekerjaan badan eksekutif [pasukan keamanan]. Ia tidak boleh mengakui bahwa tuduhan pasukan keamanan adalah benar dan menghukum terdakwa sambil menyangkal hak pembelaannya," katanya.

Sebaliknya, Hussam al-Dujni, seorang analis politik dan profesor ilmu politik di Universitas Umma di Gaza, mengatakan kepada Al-Monitor bahwa selama eskalasi terbaru di Gaza, Israel berada dalam keadaan kebingungan, yang menjelaskan penargetan infrastruktur di Gaza.

"Israel mencoba merekrut agen dengan mengeksploitasi kebutuhan penduduk Jalur Gaza mengingat kondisi ekonomi yang memprihatinkan. Ia juga berusaha untuk mengeksploitasi pasien yang melakukan perjalanan melalui penyeberangan Beit Hanoun untuk perawatan guna menekan mereka agar bekerja untuk itu sebagai imbalan memfasilitasi masuknya mereka ke Israel," katanya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)