Rouhani: Ada Kesepakatan untuk Cabut Sanksi Utama terhadap Iran

Jum'at, 28 Mei 2021 - 23:01 WIB
loading...
Rouhani: Ada Kesepakatan untuk Cabut Sanksi Utama terhadap Iran
Presiden Iran Hassan Rouhani. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kesepakatan telah dicapai untuk mencabut sanksi utama terhadap Teheran.

Meski demikian, menurut dia, masih ada hukuman lain yang harus dicabut untuk sepenuhnya melaksanakan kesepakatan nuklir.

"Sanksi bisa saja dicabut, tapi seharusnya dilakukan dengan suara bulat, dan kami yang meminta pencabutan penuh sanksi, dan dalam bentuk langkah-langkah," papar Rouhani.



Pada Rabu, para pejabat Iran mengkonfirmasi kesepakatan telah dicapai mengenai masalah mendasar selama negosiasi Wina tentang kesepakatan nuklir.



Iran menyeru Amerika Serikat (AS) mengambil langkah pertama untuk mencabut sanksi terhadap Republik Islam tersebut.



"Semua anggota komite gabungan bertekad untuk mengakhiri negosiasi, dan apa yang saya lihat hari ini dalam pertemuan pertama komite gabungan [putaran kelima negosiasi] adalah niat nyata dari semua peserta untuk mencapai hasil," ungkap Wakil Menteri Luar Negeri Iran dan kepala negosiator Iran Abbas Araghchi mengatakan kepada Press TV.

“Kami dapat membuat kemajuan penting, tetapi beberapa masalah besar masih belum terselesaikan, dan meskipun kemajuan telah kami capai, beberapa hal penting masih akan dibahas,” papar dia.

Sejak awal April, ibu kota Austria telah menjadi tuan rumah pertemuan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) mengenai program nuklir Iran, untuk memastikan kembalinya AS ke kesepakatan yang ditandatangani pada 2015.

Washington mundur dari kesepakatan itu dan kembali menerapkan berbagai sanksi pada Iran.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1490 seconds (0.1#10.140)