Korsel Perbolehkan Warganya Tidak Gunakan Masker Jika Sudah Divaksin

Rabu, 26 Mei 2021 - 17:40 WIB
loading...
Korsel Perbolehkan Warganya Tidak Gunakan Masker Jika Sudah Divaksin
Korsel perbolehkan warganya tidak menggunakan masker jika sudah divaksin. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menyusul Amerika Serikat (AS) yang memperbolehkan warganyatidak menggunakan masker di luar ruangan jika mereka telah divaksinasi , setidaknya satu suntikan. Ketentuan itu akan mulai berlaku pada bulan Juli nanti.

Demikian pengumuman yang dikeluarkan Pemerintah Korsel pada Rabu (26/5/2021).

Langkah tersebut merupakan upaya untuk mendorong penduduk yang lebih tua untuk divaksinasi karena Korsel bertujuan untuk mengimunisasi setidaknya 70% dari 52 juta penduduknya pada bulan September, dari hanya 7,7% sekarang.

"Orang yang diberi setidaknya satu dosis juga akan diizinkan berkumpul dalam jumlah yang lebih besar mulai Juni," ujar Perdana Menteri Korsel Kim Boo-kyum pada pertemuan respons virus Corona baru seperti dikutip dari Reuters.



Dia mengatakan semua tindakan karantina akan disesuaikan pada bulan Oktober nanti setelah lebih dari 70% penduduk menerima dosis pertama mereka.

"Lebih dari 60% orang berusia antara 60 dan 74 telah mendaftar untuk vaksinasi," ungkap Menteri Kesehatan Kwon Deok-cheol.

Korsel akan mulai memvaksinasi masyarakat umum yang berusia antara 65 dan 74 mulai Kamis ini di lebih dari 12.000 klinik.

Korsel melaporkan 707 kasus baru virus Corona baru yang dikonfirmasi pada hari Selasa, sehingga total menjadi 137.682 infeksi, dengan 1.940 meninggal.

Sebelumnya, kebijakan yang sama telah diterapkan oleh AS.Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada14Mei lalu mengakhiri wajib bermasker bagi orang-orang yang telah divaksin anti-COVID-19 . Presiden Joe Biden memuji momen itu sebagai "great day" atau "hari yang hebat".

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)