Israel Bombardir Gaza: 160 Pesawat Jatuhkan 450 Rudal dalam 40 Menit

loading...
Israel Bombardir Gaza: 160 Pesawat Jatuhkan 450 Rudal dalam 40 Menit
Asap hitam mengepul ke udara di Jalur Gaza, Palestina, akibat serangan udara Israel pada Kamis (13/5/2021). Foto/REUTERS/Suhaib Salem
GAZA - Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan sekitar 160 pesawat menjatuhkan 450 rudal dalam tempo 40 menit di Jalur Gaza, Palestina , Jumat (14/5/2021). Menurut IDF, serangan besar-besaran ini menargetkan jaringan terowongan yang diduga digali oleh Hamas.

IDF, lebih lanjut, mengatakan sekitar 450 rudal dijatuhkan pada 150 sasaran di Gaza utara.

Baca juga: Perang dengan Hamas Memanas, 120 Personel Militer AS Hengkang dari Israel



Juru bicara IDF, Hidai Zilberman, mengatakan militer belum menentukan tingkat kerusakan yang ditimbulkan dalam serangan besar-besaran terhadap jaringan terowongan di Gaza. Dia menggambarkan jaringan terowongan itu sebagai "aset strategis" Hamas.

Zilberman juga mengklarifikasi bahwa pasukan darat IDF tetap berada di sisi perbatasan Israel dan belum menyeberang ke Jalur Gaza. Namun, dia tidak membenarkan atau pun menyangkal bahwa militer telah menyerang wilayah Palestina itu dari darat.

IDF melalui akun Twitternya, @IDF, juga mengonfirmasi serangan besar-besaran hari ini.

"Targetnya: Sistem terowongan 'Metro' Hamas di Gaza," tulis militer Zionis tersebut.

"Operasi: 160 pesawat, tank, unit artileri dan infanteri di sepanjang perbatasan. Kami mencapai 150 target dan merusak beberapa kilometer jaringan 'Metro' Hamas."

Seperti diketahui, militan Hamas dan Jihad Islam Palestina di Gaza telah meluncurkan ribuan roket sejak Senin malam ke Israel. Sedangkan Israel merespons dengan melakukan serangan udara di daerah kantong pesisir yang padat itu.

Permusuhan paling intens dalam tujuh tahun terakhir antara Israel dan kelompok bersenjata Gaza dipicu oleh kerusuhan akhir pekan di kompleks masjid Al-Aqsa Yerusalem.



Baca juga: Kerepotan Dihujani Roket Gaza, Kota di Israel Malah Perang Saudara

Hingga pagi tadi, Jumat (14/5/2021), korban tewas di Gaza sudah mencapai 109 orang termasuk 28 anak dan beberapa wanita. Sedangkan di Israel ada tujuh orang yang tewas termasuk seorang tentara militer dan satu warga India.

Korban luka dari kedua kubu sudah mencapai ratusan. Korban tewas kemungkinan bisa bertambah, karena pertempuran tidak langsung ini terus terjadi.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top