China Minta AS Jelaskan Mengapa Washington Gagal Bendung Covid-19!

Kamis, 21 Mei 2020 - 21:47 WIB
loading...
China Minta AS Jelaskan Mengapa Washington Gagal Bendung Covid-19!
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mendesak Pompeo untuk menjelaskan mengenai bagaimana AS merespon Covid-19 dan mengapa mereka gagal membendung penyebarannya. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan China terus memburuk, seiring dengan terus berlangsungnya pandemi Covid-19. Kedua negara telah saling melemparkan serangan verbal terkait dengan virus ini.

Terbaru, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian menyebut Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo sangat tidak bertanggung dengan komentar-komentarnya terhadap Beijing atas Covid-19. Dia lalu mendesak Pompeo untuk menjelaskan mengenai bagaimana AS merespon virus ini dan mengapa mereka gagal membendung penyebarannya.

"Mengapa pemerintah AS tidak mengambil tindakan kontrol dan pencegahan antara Januari dan Maret?" tanya Zhao, seperti dilansir Reuters pada Kamis (21/5/2020).

"Mengapa mereka gagal membendung penyebaran cepat virus Corona di AS? Dia (Pompeo) memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan hal ini kepada dunia," sambungnya saat menggelar konferensi pers di Beijing.

Sebelumnya, Pompeo menyebut respon dan kontribusi China dalam menanggulangi Covid-19 sangat kecil dibandingkan dengan dampak yang ditimbulkan virus itu. Ini adalah respon atas pengumuman Xi Jinping bahwa China akan menyalurkan USD 2 miliar dalam penanggulangan Covid-19.

Pompeo kemudian menolak klaim Xi bahwa Beijing telah bertindak transparan tentang wabah ini. Dia mengatakan jika Xi ingin menunjukkan itu, ia harus mengadakan konferensi pers dan mengizinkan wartawan untuk menanyakan apa pun yang mereka sukai.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)