Genosida Armenia oleh Kesultanan Ottoman, Ini yang Perlu Diketahui

Minggu, 25 April 2021 - 09:28 WIB
loading...
Genosida Armenia oleh Kesultanan Ottoman, Ini yang Perlu Diketahui
Pembantaian orang-orang Armenia oleh Kesultanan Ottoman. Foto/Independent
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara resmi mengakui pembantaian orang-orang Armenia pada Perang Dunia I oleh Kesultanan Ottoman sebagai genosida. Biden menjadi presiden AS pertama yang melakukan hal itu, mempertaruhkan potensi perpecahan dengan Turki tetapi menandakan komitmennya terhadap hak asasi manusia global.

Lantas apa yang kita ketahui tentang genosida Armenia ?

Dikutip dari CNN, Minggu (25/4/2021), kampanye kekejaman yang diakui oleh Biden dimulai pada malam tanggal 23 dan 24 April 1915. Ketika itu pihak berwenang di Konstatinopel, Ibu Kota Ottoman, mengumpulkan sekitar 250 intelektual dan pemimpin komunitas Armenia. Banyak dari mereka dideportasi dan dibunuh.

Peristiwa itu dilatarbelakangi oleh kekhawatiran Turki Ottoman, yang memasuki Perang Dunia I di pihak Jerman dan kekaisaran Austro-Hongaria, khawatir bahwa orang-orang Armenia akan menawarkan bantuan masa perang ke Rusia. Rusia telah lama mendambakan kendali atas Konstatinopel (sekarang Istanbul), yang mengontrol akses ke Laut Hitam, dan karena itu akses ke satu-satunya pelabuhan laut sepanjang tahun di Rusia.

Banyak sejarawan setuju bahwa sekitar 2 juta orang Armenia tinggal di Kekaisaran Ottoman pada saat pembunuhan dimulai. Namun, korban pembunuhan massal juga termasuk beberapa dari 1,8 juta orang Armenia yang tinggal di Kaukasus di bawah pemerintahan Rusia, beberapa di antaranya dibantai oleh pasukan Ottoman pada tahun 1918 saat mereka berbaris melalui Armenia Timur dan Azerbaijan.



Jumlah orang Armenia yang terbunuh dalam peristiwa ini menjadi topik perdebatan utama. Perkiraan berkisar dari 300.000 hingga 2 juta kematian antara tahun 1914 dan 1923, dengan tidak semua korban di Kekaisaran Ottoman. Tetapi sebagian besar perkiraan - termasuk satu dari 800.000 antara 1915 dan 1918, dibuat oleh otoritas Ottoman sendiri - jatuh antara 600.000 dan 1,5 juta.

Pemerintah di Turki menyebutkan jumlah orang Armenia yang tewas sebanyak 300.000 orang.

Entah karena pembunuhan atau deportasi paksa, jumlah orang Armenia yang tinggal di Turki turun dari 2 juta pada tahun 1914 menjadi di bawah 400.000 pada tahun 1922.

Meski jumlah korban tewas masih diperdebatkan, ada sejumlah foto dari era itu yang mendokumentasikan pembunuhan massal. Beberapa menunjukkan tentara Ottoman berpose dengan kepala terpenggal, yang lain mereka berdiri di tengah tengkorak di tanah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)