Korut Bersiap Luncurkan Kapal Selam Rudal Balistik

loading...
Korut Bersiap Luncurkan Kapal Selam Rudal Balistik
Rudal-rudal balistik untuk kapal selam dipamerkan dalam parade miliiter Korea Utara di Pyongyang pada 14 Januari 2021. Foto/KCNA
SEOUL - Rezim Kim Jong-un yang berkuasa di Korea Utara (Korut) telah membangun kapal selam baru yang diyakini mampu membawa setidaknya tiga rudal balistik. Mereka sedang mengatur waktu yang tepat untuk meluncurkannya.

Media Korea Selatan, Yonhap, mengungkap persiapan Pyongyang untuk meluncurkan kapal selam bersenjata rudal balistik tersebut. Laporan media itu mengutip para pejabat Seoul secara anonim yang mengetahui pekerjaan rezim Pyongyang.

Baca juga: Giliran Vietnam Siap Perang, Laut China Selatan Kian Memanas

"Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) yakin Korea Utara telah menyelesaikan pembangunan yang mereka ungkap pada 2019," tulis Yonhap pada hari Minggu (11/4/2021), mengutip pernyataan para pejabat Seoul.

Media pemerintah Korut merilis foto pada saat itu, di mana sang pemimpin; Kim Jong-un, terlihat sedang memeriksa kapal selam.



"Korea Utara dapat menguji coba rudal balistik pada kapal selam itu setelah upacara peluncuran," kata para pejabat Seoul.

Kapal selam itu diyakini merupakan model kelas Romeo era Soviet yang dimodifikasi, yang dibangun di Galangan Kapal Sinpo Selatan di sepanjang pantai timur Korea Utara. Wilayah itu merupakan rumah bagi armada kapal selam Korea Utara.

Yonhap menambahkan Korea Utara juga membangun kapal selam yang lebih besar yang dapat membawa rudal balistik canggih. Rudal yang dimaksud adalah rudal Pukguksong-4 dan Pukguksong-5 yang terungkap masing-masing pada tahun 2020 dan 2021 selama parade militer dan pertemuan Partai Buruh Korea.

Baca juga: "Perang Kognitif", Kapal Perang AS Kuntit Kapal Induk China

Rudal Pukguksong-3 telah diuji coba pada Oktober 2019.



Kamis pekan lalu, situs web 38 North melaporkan bahwa berdasarkan gambar satelit yang ditinjau, Korea Utara sedang bersiap untuk meluncurkan kapal selam rudal balistik baru atau melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam atau juga hanya perawatan umum.

Korea Utara menguji rudal balistik kapal selam pertamanya pada tahun 2015 ketika Kim Jong-un mengawasi peluncuran tersebut.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top