AS Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam, Ini Respons Rusia

Sabtu, 10 April 2021 - 13:25 WIB
loading...
AS Kirim Kapal Perang ke Laut Hitam, Ini Respons Rusia
Rusia menegaskan tanggung jawab menjaga keamanan Laut Hitam adalah milik negara Laut Hitam sendiri. Foto/Researc Gate
A A A
MOSKOW - Rusia mengaku prihatin atas meningkatnya aktivitas negara asing yang tidak memiliki garis pantai di kawasan Laut Hitam. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar NegeriRusia Aleksandr Grushko.

Mengomentari informasi tentang kedatangan dua kapal perang Amerika Serikat (AS), Grushko mengatakan entri ke Laut Hitam oleh kapal perang negara-negara NATO dan durasi kehadiran mereka telah meningkat baru-baru ini.

"Tanggung jawab untuk menjaga keamanan di Laut Hitam adalah milik negara Laut Hitam sendiri, yang telah menciptakan semua alat yang diperlukan untuk ini, termasuk Kerja Sama Ekonomi Laut Hitam," kata Grushko kepada kantor berita Rusia Interfax yang dinukil Anadolu, Sabtu (10/4/2021).

Sebelumnya, seorang pejabat Pentagon mengatakan kepada wartawan bahwa AS sedang mempertimbangkan untuk mengirim kapal perang ke Laut Hitam dalam beberapa minggu mendatang. Itu dilakukan di tengah penumpukan besar militer Rusia di perbatasan Ukraina .



Dia mengingatkan bahwa menurut Konvensi Montreux, AS harus memberi tahu Turki 14 hari sebelumnya tentang rencana perjalanan kapal melalui Dardanella dan Bosphorus.

Pada hari Jumat, Turki mengatakan menerima pemberitahuan untuk lewatnya dua kapal angkatan laut AS melalui selat Turki.

"Kapal-kapal itu akan memasuki Laut Hitam secara terpisah pada 14 dan 15 April, dan akan tetap di sana hingga 4 dan 5 Mei," menurut sumber diplomatik Turki.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)