Pasukan Amfibi AS Bergabung dengan Kapal Induk Roosevelt di LCS

Jum'at, 09 April 2021 - 14:16 WIB
loading...
Pasukan Amfibi AS Bergabung dengan Kapal Induk Roosevelt di LCS
Pasukan amfibi AS bergabung dengan kapal induk USS Rosevelt di Laut China Selatan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Kapal induk Amerika Serikat (AS) telah memasuki Laut China Selatan (LCS) di tengah meningkatnya ketegangan negara itu dengan China . Beberapa kapal perang lain telah berlayar sangat dekat dengan perairan China, termasuk kapal perusak pada hari Rabu yang melintasi Selat Taiwan .

Menurut kelompok think tank South China Sea Probing Initiative (SCSPI), USS Makin Island memasuki Laut China Selatan pada Rabu melalui Selat Malaka, bergabung dengan USS Theodore Roosevelt, yang melakukan jalur yang sama beberapa hari lalu.

Pada hari yang sama, Komando Indo-Pasifik AS men-tweet foto anggota kru Makin Island yang terlibat dalam latihan target dengan pistol M9 mereka dengan caption "Pelaut berpartisipasi dalam latihan tembak langsung." Tidak jelas apakah kapal perang itu terlibat dalam latihan tembakan langsung lainnya.

Sebuah kapal serbu amfibi dengan dek penerbangan kapal induk dan beberapa lusin pesawat lepas landas vertikal, USS Makin Island berlayar dari Teluk Persia dengan dua dermaga platform pendaratan yang lebih kecil: USS Somerset dan USS San Diego. Bersama-sama, mereka dapat membawa lebih dari 3.000 Marinir AS dan peralatan serbu amfibi.



Namun, dengan USS Makin Island di luar Samudra Hindia, tidak ada kapal induk AS di kawasan itu untuk pertama kalinya sejak awal 2019, karena pemerintahan Trump meningkatkan kampanye "tekanan maksimum" terhadap Iran setelah menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015. Sebagai gantinya, komando atas US Navy Task Force 50 sedang dilakukan dari kapal induk Prancis Charles de Gaulle di Teluk Persia seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (9/4/2021).

Bagaimanapun, di Laut Cina Selatan, dua kapal induk AS tiba di tengah-tengah kebuntuan yang tegang antara China dan Filipina . Filipina terus mengajukan keluhan resmi tentang keberadaan beberapa kapal penangkap ikan China di dekat Whitsun Reef, yang kepemilikannya disengketakan antara kedua negara.

China mengklaim kapal-kapal itu berlindung dari cuaca badai, tetapi Manila mengatakan mereka adalah bagian dari milisi maritim Beijing dan di sana untuk mengintai klaim atas terumbu karang tersebut.

Selain itu, media Barat juga telah melaporkan kehadiran pesawat China di zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan dalam beberapa hari terakhir, menggambarkan insiden tersebut sebagai serangan dan ancaman ke wilayah pulau. Namun, ADIZ tidak lebih dari wilayah di mana pesawat diminta untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan dilacak di radar, dan tidak memiliki kepentingan hukum. ADIZ Taiwan membentang jauh di luar perairan pulau dan bahkan mencakup sebagian dari daratan China.



Selain itu, satu kapal perusak AS telah berlayar di dekat delta Sungai Yangtze dan lainnya. USS John S. McCain terlibat dalam tindakan provokatif yang sengaja berlayar melalui Selat Taiwan pada hari Rabu. China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memberontak, posisi yang secara resmi didukung AS sebagai bagian dari normalisasi hubungan dengan Beijing lebih dari 40 tahun yang lalu. Namun, pada kenyataannya Washington tetap menjadi pendukung terbesar pemerintah Taiwan.

Di sisi lain, Angkatan Laut China (PLAN) telah memindahkan pasukan serang kapal induknya sendiri, termasuk Liaoning dan lima kapal perang lainnya, ke Laut China Selatan, menurut South China Morning Post. Kapal pendamping Liaoning adalah kapal penjelajah Tipe 055 Nanchang, kapal perang non-kapal induk terbesar di Asia.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)