Kapal Induk Eisenhower AS Bergerak Memasuki Timur Tengah, Ada Apa?

Sabtu, 03 April 2021 - 11:06 WIB
loading...
Kapal Induk Eisenhower AS Bergerak Memasuki Timur Tengah, Ada Apa?
Kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69) milik Amerika Serikat. Foto/Military News
A A A
KAIRO - Kapal induk USS Dwight D. Eisenhower (CVN-69) milik Amerika Serikat (AS) memasuki Timur Tengah setelah transit di Terusan Suez, Jumat (2/4/2021).

Layanan pemantau kapal melaporkan kapal induk Eisenhower yang juga dikenal sebagai IKE mendekati pintu masuk Port Said pada Jumat pagi waktu setempat. Seorang pejabat pertahanan Amerika mengonfirmasi IKE transit di Terusan Suez pada Jumat sore.



Mengutip USNI News, Sabtu (3/4/2021), IKE dan kelompok tempurnya sebelumnya beroperasi di Laut Mediterania Timur.

Eisenhower Strike Group dan Carrier Air Wing 3 telah meluncurkan misi udara untuk mendukung Operation Inherent Resolve melawan ISIS di Mediterania Timur awal pekan ini. Namun, Angkatan Laut AS belum mengungkap misi kapal induk itu memasuki Timur Tengah.

Transit itu dilakukan beberapa hari setelah Terusan Suez dibuka kembali setelah diblokir oleh kapal kontainer rakasasa MV Ever Given selama hampir seminggu.

Kedatangan IKE di Laut Merah adalah pertama kalinya sejak Nimitz Carrier Strike Group meninggalkan wilayah tersebut pada Januari lalu. Operasi kapal induk Amerika di kawasan Timur Tengah dan sekitarnya menjadi tanggung jawab Komando Pusat (CENTCOM) Amerika.

Transit IKE di Terusan Suez menyusul keberangkatan Makin Island Amphibious Ready Group dan detasemen Joint Strike Fighters F-35B Lighting II dari Komando Pusat AS awal pekan ini. Kelompok siap amfibi tiga kapal yang memulai Marine Expeditionary Unit (MEU) ke-15 menyelesaikan penyebaran di Timur Tengah dan Pasifik Barat.

Sementara itu, kapal induk Prancis; FS Charles de Gaulle (R 91), saat ini memimpin Gugus Tugas 50 Komando Pusat Angkatan Laut AS.

IKE dan kelompok tempurnya dikerahkan dari Pantai Timur pada bulan Februari untuk penempatan kedua dalam setahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)