Pandemi COVID-19 Picu Peningkatan Penjualan Senjata di AS

Jum'at, 02 April 2021 - 05:42 WIB
loading...
Pandemi COVID-19 Picu Peningkatan Penjualan Senjata di AS
Pandemi COVID-19 picu peningkatan penjualan senjata di AS. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Para peneliti di Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa pandemi COVID-19 telah menyebabkan peningkatan penjualan senjata , dengan setengah dari semua korban kekerasan dalam rumah tangga mengatakan sekarang menghadapi lebih banyak ancaman untuk ditembak oleh para pelaku kekerasan daripada sebelum kekerasan itu dimulai.

"Pandemi juga telah menciptakan badai yang sempurna untuk kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan berbasis gender," menurut para peneliti dari universitas di Texas dan Kentucky, yang telah bekerja sama dengan Koalisi Nasional Melawan Kekerasan Dalam Rumah Tangga untuk menilai efek COVID-19 pada tahun lalu.

Hampir 40% responden dalam survei mereka melaporkan bahwa penjualan senjata telah meningkat di komunitas mereka sejak dimulainya pandemi, dengan sekitar 50% responden melaporkan bahwa pelaku yang mengancam akan menembak korban telah menjadi masalah yang lebih besar.



Para peneliti meminta para profesional yang menangani penyintas kekerasan dalam rumah tangga agar korban pelecehan melengkapi kuesioner yang menanyakan tentang dampak pandemi. Studi ini juga melihat risiko bagi para penyintas, tantangan bagi agensi, dan interaksi mereka dengan departemen kepolisian dan sheriff.

“Isolasi akibat pandemi ini, ditambah dengan kesulitan keuangan, dan segudang masalah kesehatan mental yang dialami oleh banyak orang, menciptakan badai yang sempurna untuk meningkatkan terjadinya kekerasan berbasis gender,” kata Kellie Lynch, seorang profesor kriminologi dan peradilan pidana di Universitas Texas di San Antonio seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (2/4/2021).

Hasilnya mengungkapkan keprihatinan yang kuat tentang ketidakamanan finansial bagi para penyintas dan keluarga mereka. Secara khusus, kemampuan untuk mengakses perumahan yang aman merupakan kekhawatiran utama, dengan jumlah tunawisma yang terus meningkat di AS dan banyak tempat penampungan yang beroperasi dengan kapasitas terbatas.



"Dampak dari isolasi berkelanjutan pada kesehatan mental dan kesehatan anak juga merupakan masalah utama yang harus kita tangani saat kita terus bergerak menuju beberapa versi normal," ujar Lynch.

Penelitian tersebut dilakukan antara September dan Desember, dan responden mengatakan mereka terpengaruh oleh kurangnya staf profesional yang dapat membantu mereka, perintah di seluruh negara bagian yang membatasi akses ke layanan, sumber daya yang terbatas, kapasitas penampungan yang lebih sedikit, dan berkurangnya operasi sistem peradilan pidana.

Temuan survei menunjukkan bahwa sebagian besar responden percaya "kekerasan pasangan intim", pelecehan anak, dan kekerasan seksual telah meningkat selama pandemi. Sekitar dua pertiga dari responden melaporkan bahwa pelaku telah mengganggu pekerjaan atau pekerjaan orang yang selamat sebagai taktik pengendalian selama pandemi.



Lynch mengatakan potensi risiko yang ditimbulkan oleh peningkatan akses ke senjata api dalam situasi yang bergejolak tidak dapat diabaikan, karena akses senjata api oleh mitra yang kasar secara dramatis meningkatkan risiko kematian domestik.

"Pandemi telah memaksa lembaga-lembaga untuk dengan cepat menyesuaikan kebijakan mereka dan mengelola dengan sumber daya yang terbatas," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)