Italia Panggil Dubes Rusia Terkait Kasus Spionase

loading...
Italia Panggil Dubes Rusia Terkait Kasus Spionase
Kemlu Italia dilaporkan telah memanggil Duta Besar Rusia untuk Italia, Sergey Razov, terkait penangkapan seorang staf Kedutaan Besar Rusia atas dugaan spionase. Foto/REUTERS
ROMA - Kementerian Luar Negeri Italia dilaporkan telah memanggil Duta Besar Rusia untuk Italia, Sergey Razov. Pemanggilan Razov terkait penangkapan seorang staf Kedutaan Besar Rusia atas dugaan spionase.

"Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Elisabetta Belloni telah memanggil Duta Besar Rusia, Sergey Razov atas instruksi Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio," kata kementerian itu, seperti dilansir Tass pada Kamis (1/4/2021).

Seperti diketahui, seorang perwira Angkatan Laut (AL) Italia tertangkap tangan saat sedang menyerahkan dokumen rahasia kepada seorang pejabat militer Rusia. Orang-orang itu ditangkap oleh polisi militer Italia karena dicurigai melakukan kejahatan serius yang berkaitan dengan spionase dan keamanan negara.

"Polisi militer carabinieri bertindak selama pertemuan rahasia antara keduanya, ditangkap segera setelah transfer dokumen oleh perwira Italia dengan imbalan sejumlah uang," bunyi pernyataan polisi Italia. Baca juga: Perwira AL Italia Tertangkap Tangan Jual Dokumen Rahasia NATO ke Rusia

Menurut pernyataan itu, pertemuan antara kapten AL Italia dan pejabat Rusia, yang diakreditasi dengan Kedutaan Besar Rusia di Roma, berlangsung pada Selasa malam.

"Pejabat Italia itu ditahan, sementara posisi warga negara asing itu masih dalam pertimbangan terkait status diplomatiknya," kata Carabinieri.Baca juga: Pilot China: Jet Tempur J-16 Sempurna dan Jauh Lebih Unggul dari Su-30 Rusia



Situs surat kabar Italia, Corriere della Sera melaporkan, surat-surat yang disita di flat perwira angkatan laut Italia itu menunjukkan bahwa dia mungkin telah menyerahkan rahasia NATO, sehingga membahayakan keamanan nasional negara lain.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top