Arab Saudi Tangkap 2 Pria yang Selundupkan 7 Kain Kakbah ke Luar Negeri

Kamis, 25 Maret 2021 - 09:09 WIB
loading...
Arab Saudi Tangkap 2 Pria yang Selundupkan 7 Kain Kakbah ke Luar Negeri
Para petugas saat mengganti kain penutup Kakbah atau Kiswah di Makkah, Arab Saudi. Foto/REUTERS
A A A
MAKKAH - Otoritas keamanan Arab Saudi di kota suci Makkah menangkap dua pria Pakistan saat menyelundupkan tujuh lembar kain pelindung Kakbah (Kiswah) luar negeri. Tujuh kain itu hendak dikirim ke luar negeri melalui cabang Saudi Post di distrik Al Shasha di Makah.

"Dua orang Pakistan ditangkap, saat mereka berusaha mengirimkan tujuh potong kain Kakbah melalui cabang Saudi Post di distrik Al Shasha," kata polisi Makkah, seperti dikutip Gulf News, Kamis (25/3/2021).



Orang-orang itu mengatakan kepada para interogator bahwa mereka telah membeli potongan Kiswah dari penjual Indain di Jalan ke-60 (60th Street) seharga SR300.

Menurut polisi, kedua pria ditahan sambil menunggu untuk dilimpahkan kasusnya ke Penuntut Umum untuk diinterogasi dan diadili lebih lanjut.

Kiswah diganti setahun sekali pada tanggal 9 bulan Dzulhijjah setelah jamaah haji berangkat ke Gunung Arafah, sebagai persiapan menerima jamaah keesokan harinya, yang bertepatan dengan Idul Adha.

Warna kain penutup Kakbah itu telah berubah secara teratur selama berabad-abad.

Nabi Muhammad SAW menutupi Kakbah dengan kain Yaman bergaris putih dan merah. Kemudian, Abu Bakar Al Siddiq, Umar ibn Al Khattab, dan Utsman ibn Affan menutupinya dengan kain warna putih. Ibn Al Zubayr menutupinya dengan brokat merah.

Pada zaman dinasti Abbasiyah, Kakbah dibungkus lagi dengan kain warna putih dan sekali dengan kain warna merah. Sedangkan Sultan Seljuk menutupinya dengan brokat kuning.

Khalifah era dinasi Abbasiyah; Al Nassir, mengubah warna Kiswah menjadi hijau dan kemudian menjadi brokat hitam, dan ini tetap menjadi warnanya hingga hari ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)