Filipina Marah, 220 Kapal AL China Masuk Wilayah Sengketa Laut China Selatan

Senin, 22 Maret 2021 - 07:38 WIB
loading...
Filipina Marah, 220 Kapal AL China Masuk Wilayah Sengketa Laut China Selatan
Para personel Angkatan Laut Filipina saat patroli di sekitar perairan Filipina. Foto/REUTERS/Erik De Castro/File Photo
A A A
MANILA - Pemerintah Filipina marah atas pengerahan 220 kapal Angkatan Laut (AL) China di wilayah sengketa di Laut China Selatan . Manila mengatakan pengerahan ratusan kapal itu sebagai tindakan provokatif dan meminta Beijing untuk segera menariknya.

Beberapa dari 220 kapal China terlihat tertambat di Whitsun Reef, area terumbu yang oleh Filipina dinyatakan sebagai Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE)-nya. Satuan Tugas Nasional Filipina untuk Laut Filipina Barat telah merilis foto-foto ratusan kapal tersebut.



Pada hari Minggu, kepala pertahanan Filipina menuntut agar lebih dari 200 kapal China yang katanya diawaki oleh milisi meninggalkan terumbu di Laut China Selatan tersebut yang diklaim oleh Manila dan Beijing.

"Kami menyerukan kepada China untuk menghentikan serangan ini dan segera menarik kembali kapal-kapal ini yang melanggar hak maritim kami dan melanggar batas wilayah kedaulatan kami," kata Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana dalam sebuah pernyataan seperti dikutip DW.com, Senin (23/3/2021).

Dia memperingatkan bahwa Filipina akan menjunjung tinggi hak kedaulatannya.

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin kemudian men-tweet bahwa Manila telah mengajukan protes diplomatik atas kehadiran ratusan kapal China.

Pejabat Kedutaan Besar China di Manila belum bersedia mengeluarkan komentar.

Badan pemerintah Filipina yang mengawasi daerah yang disengketakan mengatakan kapal-kapal China itu terlihat ditambatkan di Whitsun Reef, yang disebut Manila sebagai Julian Felipe, sejak 7 Maret.

Satuan Tugas Nasional Filipina untuk Laut Filipina Barat menduga kapal-kapal itu diawaki oleh personel militer maritim China.

"Meskipun cuaca cerah pada saat itu, kapal-kapal China yang berkumpul di terumbu karang tidak menunjukkan aktivitas penangkapan ikan yang sebenarnya dan lampu putih penuh mereka menyala pada malam hari," kata satuan tugas itu dalam sebuah pernyataan.

"Kehadiran kapal-kapal itu menjadi perhatian karena kemungkinan penangkapan ikan berlebihan dan kerusakan lingkungan laut, serta risiko keselamatan navigasi," imbuh satuan tugas tersebut.



Whitsun Reef adalah kawasan terumbu karang dangkal berbentuk bumerang yang terletak sekitar 175 mil laut (324 kilometer) di sebelah barat provinsi Palawan di Filipina barat.

Menurut Filipina, terumbu karang—yang terletak di tengah kepulauan Kepulauan Spratly—terletak di dalam ZEE-nya.

China tidak mengakui keputusan pengadilan internasional 2016 yang membatalkan klaim historisnya terhadap hampir seluruh kawasan Laut China Selatan. Selain itu, keputusan tersebut tidak menentukan wilayah mana yang diizinkan untuk menangkap ikan dari China dan negara lain.

Taiwan, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Brunei semuanya mengklaim sebagian wilayah Laut China Selatan. Dalam beberapa tahun terakhir, China telah membangun pulau-pulau di perairan yang disengketakan, memasang landasan udara di beberapa pulau tersebut.

Amerika Serikat (AS) telah berulang kali mengutuk apa yang disebutnya upaya China untuk menindas tetangga-tetanggnya dengan klaim wilayah tersebut. Beijing, di sisi lain, telah mengkritik Washington atas apa yang dituduhnya sebagai campur tangan dalam urusan internalnya.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah membina hubungan persahabatan dengan Beijing sejak menjabat pada 2016.

Dia telah dikritik karena tidak membela negaranya atas perilaku agresif China dan tidak menuntut kepatuhan China dengan putusan arbitrase internasional.

"Jika saya mengirim marinir saya untuk mengusir para nelayan China, saya jamin tidak ada satu pun dari mereka yang akan pulang hidup-hidup," kata Duterte memperingatkan.

Sementara itu, Duterte mencari dana infrastruktur, perdagangan, dan investasi dari China, yang juga telah menyumbangkan dan menjanjikan lebih banyak vaksin COVID-19 ke Filipina karena negara itu menghadapi peningkatan infeksi virus corona yang mengkhawatirkan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)