Ilmuwan Top AS: Peluncuran Vaksin COVID-19 India 'Menyelamatkan Dunia'

Selasa, 16 Maret 2021 - 17:52 WIB
loading...
Ilmuwan Top AS: Peluncuran Vaksin COVID-19 India Menyelamatkan Dunia
Ilmuwan Top AS: Peluncuran Vaksin COVID-19 India Menyelamatkan Dunia. Foto/Ilustrasi/Scroll
A A A
HOUSTON - Peluncuran vaksin COVID-19 oleh India bekerja sama dengan lembaga global terkemuka telah "menyelamatkan dunia" dari virus Corona baru yang mematikan dan kontribusi negara tidak boleh diremehkan. Hal itu diungkapkan oleh seorang ilmuwan top Amerika.

India disebut sebagai apotek dunia selama pandemi COVID-19 dengan pengalamannya yang luas dan pengetahuan yang mendalam di bidang kedokteran. Negara ini adalah salah satu pembuat obat terbesar di dunia dan semakin banyak negara telah mendekatinya untuk mendapatkan vaksin virus corona.

Dr Peter Hotez, Dekan Sekolah Nasional Kedokteran Tropis di Baylor College of Medicine (BCM) di Houston selama webinar baru-baru ini mengatakan bahwa dua vaksin mRNA mungkin tidak berdampak pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, tetapi vaksin India, yang pembuatannya bekerja sama dengan universitas di seluruh dunia seperti BCM dan Universitas Oxford, telah "menyelamatkan dunia" dan kontribusinya tidak boleh diremehkan.



Selama webinar, "COVID-19: Vaksinasi dan Potensi Kembali ke Normal - Jika dan Kapan", Dr Hotez, seorang dokter-ilmuwan yang diakui secara internasional dalam penyakit tropis terabaikan dan pengembangan vaksin, mengatakan bahwa peluncuran vaksin COVID-19 adalah "kado India" kepada dunia dalam memerangi virus.

Regulator obat-obatan India memberikan otorisasi penggunaan darurat kepada Covishield, yang diproduksi oleh Serum Institute of India yang berbasis di Pune setelah mendapatkan lisensi dari perusahaan farmasi Inggris AstraZeneca, dan Covaxin, yang dikembangkan secara mandiri oleh Bharat Biotech yang berbasis di Hyderabad dan ilmuwan Dewan Riset Medis India.

Webinar ini diselenggarakan oleh Kamar Dagang Indo American of Greater Houston (IACCGH).

"Ini adalah sesuatu yang sangat istimewa dan saya melihatnya sendiri karena saya berada di telekonferensi mingguan dengan kolega kami di India, Anda membuat rekomendasi, dan dalam beberapa hari itu selesai dan tidak hanya selesai, tetapi juga dilakukan dengan baik dan dengan ketelitian dan pemikiran yang luar biasa dan kreativitas," kata Dr Hotez, seperti dikutip dari India Today, Selasa (16/3/2021).

Ia menekankan bahwa dirinya merasa terdorong untuk membuat pernyataan ini karena upaya besar India dalam memerangi pandemi global adalah cerita yang tidak benar-benar keluar di dunia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)