Militer Swedia: Rebut Eropa Utara, Rusia Bisa Jadi Pemenang PD III

Minggu, 14 Maret 2021 - 12:32 WIB
loading...
Militer Swedia: Rebut Eropa Utara, Rusia Bisa Jadi Pemenang PD III
Analisis terbaru Badan Penelitian Pertahanan Swedia menyatakan Rusia bisa menjadi pemenang dalam Perang Dunia III (PD III) dengan merebut Eropa utara. Foto/Ilustrasi
A A A
STOCKHOLM - Rusia bisa menjadi pemenang dalam Perang Dunia III (PD III) dengan merebut Eropa utara. Begitu analisis terbaru Badan Penelitian Pertahanan Swedia .

Laporan itu menyatakan perang habis-habisan di Eropa utara dapat menyebabkan pasukan Rusia memotong negara-negara Baltik, menunda pasukan NATO datang untuk membantu mereka dan mengamankan wilayah tersebut.

Dalam laporan tersebut, para peneliti melakukan simulasi permainan perang untuk menentukan keseimbangan kekuatan di Eropa tengah dan utara dalam apa yang disebut 'skenario mimpi buruk' yang membuat Rusia menyerang Lituania melalui negara tetangganya, Belarusia.



Kampanye hipotesis mengasumsikan seluruh aliansi pimpinan Amerika Serikat (AS) akan terseret ke dalam konflik langsung semacam itu yang belum pernah terlihat di benua tersebut sejak akhir Perang Dunia Kedua, tetapi penggunaan senjata nuklir dikecualikan.

"Di atas kertas, korelasi kekuatan memberi Rusia prospek yang baik untuk sukses jika konflik dapat dipersingkat dan hasilnya diputuskan lebih awal" kata laporan itu seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (14/3/2021).

Serangan mendadak yang memungkinkan tentara Moskow untuk menyelesaikan masalah di Baltik dan bergabung dengan pasukan yang ditempatkan di eksklaf Kaliningrad akan sangat penting, lanjut laporan itu, sebelum serangan udara jarak jauh Amerika, Inggris, dan Prancis dapat dimulai dengan sungguh-sungguh.

Di sisi lain, para analis berpendapat, peluang terbaik NATO untuk mencapai jalan buntu adalah menyangkal superioritas udara Rusia dan bertahan sampai pesawat tempur tiba.

"Masalah bagi NATO adalah bahwa pasukan darat ringannya, dengan artileri mereka yang lemah, memiliki peluang yang masuk akal akan bergantung pada dukungan udara dekat," mereka menambahkan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1927 seconds (0.1#10.140)