Protes Pembatasan COVID-19, Aktris Prancis Telanjang di 'Piala Oscar'

Minggu, 14 Maret 2021 - 11:38 WIB
loading...
Protes Pembatasan COVID-19, Aktris Prancis Telanjang di Piala Oscar
Aktris Prancis, Corinne Masiero, nekat telanjang di atas panggung penghargaan film Prancis, Cesar Awards. Foto/The Guardian
A A A
PARIS - Aktris Prancis , Corinne Masiero, punya cara sendiri untuk menyampaikan protes terhadap pembatasan yang dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19 . Ia memilih telanjang pada upacara penghargaan film Prancis.

Masiero melepas jubah di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan kostum terbaik di Cesar Awards, Piala Oscar Prancis. Aktris berusia 57 tahun itu mendekati podium dengan mengenakan kostum keledai di atas gaun bernoda darah. Setelah mengambil mikrofon, dia membuat komentar sarkastik tentang menginginkan gaun yang lebih bagus tetapi diberi tahu bahwa itu tidak "cukup penting", dengan jelas menyinggung pembatasan virus Corona yang menargetkan bisnis dan aktivitas yang dianggap tidak penting.

Beberapa saat kemudian, dia menanggalkan setelannya, mengungkapkan pesan "tidak ada budaya, tidak ada masa depan" yang tertulis di dadanya. Dia kemudian menunjukkan bagian belakangnya, yang berisi seruan kepada Perdana Menteri Prancis Jean Castex.



"Beri seni kami kembali, Jean," bunyi pesan itu seperti dikutip dari Russia Today, Minggu (14/3/2021).

Aksi tersebut menuai tepuk tangan dari penonton, meskipun beberapa penonton terlihat terkejut dengan kejadian yang tidak terduga tersebut.

Meskipun Masiero adalah satu-satunya orang yang telanjang di atas panggung, dia tidak sendirian dalam kemarahannya atas tindakan pemerintah Prancis dalam menangani pandemi COVID-19.

Saat menerima penghargaan skenario, Stephane Demoustier mengungkapkan kekesalannya karena anak-anaknya dapat pergi berbelanja pakaian tetapi masih dilarang pergi ke bioskop, menggambarkan pembatasan tersebut sebagai hal yang tidak dapat dipahami.



Tempat budaya Prancis ditutup pada akhir Oktober karena negara itu berjuang melawan gelombang kedua virus Corona baru. Pemerintah Prancis memperpanjang penutupan setelah awalnya memberi isyarat bahwa mereka akan dicabut pada Januari. Toko dan bisnis lain diizinkan buka kembali pada pertengahan Desember.

Sabtu lalu, pengunjuk rasa di Paris menduduki tiga teater nasional Prancis menentang penutupan yang sedang berlangsung. Menanggapi hal tersebut, Menteri Kebudayaan Prancis Roselyne Bachelot mengunjungi salah satu teater untuk memulai dialog dengan para demonstran, bersumpah melindungi pekerjaan artistik selama diperlukan.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)