10 Tahun Konflik Suriah: Demo Berubah Jadi Perang hingga Assad Gagal Tumbang

Sabtu, 13 Maret 2021 - 01:46 WIB
loading...
A A A
September 2018
Kesepakatan Rusia-Turki atas Idlib dan barat laut yang dikuasai pemberontak membekukan garis depan dan mengurangi serangan bom yang menewaskan ratusan warga sipil di benteng oposisi besar terakhir.

Maret 2019
Ketika sekutu lokalnya merebut wilayah terakhir ISIS di timur, Amerika Serikat memutuskan untuk mempertahankan beberapa pasukannya di Suriah setelah sebelumnya mengatakan akan mundur.

April-Desember 2019
Pasukan Suriah yang didukung Rusia melancarkan kampanye di barat laut yang berakhir dengan penangkapan kota strategis pemberontak Khan Sheikhoun pada Agustus. Itu adalah tempat serangan kimia besar-besaran terhadap warga sipil.

Pertemuan puncak Rusia-Turki pada bulan Oktober mengurangi pertempuran sampai Moskow melanjutkan serangan besar pada bulan Desember yang mendorong lebih dalam ke benteng oposisi terakhir.

Desember 2019-Maret 2020
Serangan pimpinan Rusia di barat laut Suriah membuat sekitar satu juta warga sipil mengungsi, menandai krisis kemanusiaan terburuk sejak konflik dimulai. Ankara mengirim ribuan tentara melintasi perbatasan untuk membantu membendung serangan itu. Turki mengatakan tidak akan menghentikan pengungsi Suriah mencapai Eropa dan membuka perbatasannya. Ribuan orang melarikan diri ke Yunani.

Maret 2020
Turki dan Rusia menyetujui gencatan senjata untuk Idlib, bersumpah akan mengadakan patroli bersama dan membangun koridor aman di dekat jalan raya M4.

Maret-Agustus 2020
Suriah berjuang dengan penyebaran luas COVID-19 yang menambah kesulitan negara.

Mei 2020-Maret 2021
Pemerintah menghadapi kekurangan bahan bakar yang parah dan warga Suriah mengantre berjam-jam untuk mendapatkan roti bersubsidi, tanda-tanda ekonomi goyah. Pemerintah terpaksa menjatah pasokan dan menerapkan beberapa putaran kenaikan harga yang tajam.

Mei 2020
Tanda-tanda publik pertama dari perselisihan antara Assad dan taipan sepupunya Rami Makhlouf muncul, dengan kemudian mem-posting video tentang keretakan hubungan itu di media sosial.

Juni 2020
Amerika Serikat mengumumkan sanksi AS terberat terhadap Damaskus yang dikenal sebagai "Caesar Act", dengan kewenangan yang lebih luas untuk membekukan aset siapa pun yang berurusan dengan Suriah, apa pun kewarganegaraannya, dan mencakup lebih banyak sektor mulai dari konstruksi hingga energi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)