Korea Selatan Setuju Membayar untuk Menampung 28.500 Tentara AS

Senin, 08 Maret 2021 - 13:57 WIB
loading...
Korea Selatan Setuju Membayar untuk Menampung 28.500 Tentara AS
Para tentara Amerika Serikat yang dikerahkan ke Korea Selatan. Foto/SPC Robert Wormley/50th Public Affairs Detachment
A A A
SEOUL - Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) akhirnya mencapai kesepakatan tentang "berbagi biaya" untuk penempatan 28.500 tentara Amerika di negeri ginseng tersebut.

Belum jelas nominal pembayaran yang ditanggung Seoul. Namun, kesepakatan patungan itu tercapai pembicaraan terhenti gara-gara tuntutan mantan presiden Donald Trump agar Seoul melipatgandakan pengeluarannya untuk hak istimewa penempatan ribuan tentara Amerika.



Seoul saat ini membayar Washington sekitar USD920 juta setahun untuk menampung sekitar 28.500 personel Amerika di wilayahnya. Tetapi, pada tahun 2019 Trump menuntut peningkatan pembayaran tahunan menjadi USD5 miliar.

Panglima tertinggi baru di Gedung Putih telah bergerak untuk meredakan ketidaksepakatan dengan sekutu militernya itu sebagai bagian dari komitmen Presiden Joe Biden untuk menghidupkan kembali "aliansi demokrasi di seluruh dunia".

“Kedua belah pihak merundingkan peningkatan yang berarti dalam kontribusi dukungan negara tuan rumah," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS, tetapi masih belum jelas berapa banyak Seoul akan membayar.

Di bawah perjanjian serupa dengan Jepang yang dicapai bulan lalu, Tokyo akan membayar Washington sekitar USD1,85 miliar untuk menampung sekitar 55.000 personel militer AS pada 2021, kira-kira jumlah yang sama seperti tahun lalu.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan juga tidak memberikan rincian kesepakatan tersebut, dengan mengatakan; ”Pihak [kementerian] akan membuat pengumuman publik dan mengadakan upacara penandatanganan tentatif setelah menyelesaikan prosedur pelaporan internal."

“Pemerintah akan memutuskan untuk segera menandatangani kesepakatan untuk menyelesaikan kevakuman yang telah berlangsung lebih dari setahun dan berkontribusi untuk memperkuat aliansi,” lanjut kementerian itu, seperti dilansir Russia Today, Senin (8/3/2021).



Militer AS memiliki sekitar 800 pangkalan di luar wilayah Amerika, dengan perkiraan 200.000 tentara Amerika berada di luar negeri.

Pasukan AS telah ditempatkan di Jepang dan Jerman sejak akhir Perang Dunia Kedua pada tahun 1945, dan di Korea Selatan sejak gencatan senjata yang membekukan Perang Korea pada tahun 1953, dengan negara tuan rumah hanya menanggung sebagian kecil dari biaya pemeliharaan.

Mantan presiden Trump telah mendorong “kesepakatan perlindungan” yang lebih adil dengan NATO dan sekutu militer lainnya, dan pada satu titik dia menuntut biaya tambahan 50 persen dari Korea Selatan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)