Sebanyak 3,3 Juta Orang di Afrika Bisa Tewas akibat COVID-19

Sabtu, 18 April 2020 - 07:33 WIB
loading...
A A A
"Tapi ini masih harus diperbaiki," kata Michel Yao, manajer operasi darurat WHO di Afrika, yang menambahkan bahwa langkah-langkah kesehatan masyarakat dapat berdampak dalam membatasi kasus. Dia tidak memberikan sumber proyeksi.

Laporan baru itu juga memperingatkan derita ekonomi yang parah di seluruh Afrika di tengah pandemi, dengan pertumbuhan ekonomi menyusut 2,6% dalam skenario terburuk dan diperkirakan 27 juta orang didorong ke dalam kemiskinan ekstrem. Bank Dunia mengatakan Afrika sub-Sahara dapat jatuh ke dalam resesi pertamanya dalam seperempat abad.

"Bisnis yang runtuh mungkin tidak akan pernah pulih," kata laporan baru itu. "Tanpa respons cepat, pemerintah berisiko kehilangan kendali dan menghadapi kerusuhan."

Hampir 20 pemimpin Eropa dan Afrika minggu ini menyerukan moratorium segera atas semua pembayaran utang Afrika, publik dan swasta, sampai pandemi berakhir, serta sedikitnya USD100 miliar dalam bantuan keuangan sesegera mungkin sehingga negara-negara Afrika dapat fokus memerangi virus.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)