UE Blokir Ekspor Vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Australia

Jum'at, 05 Maret 2021 - 03:23 WIB
loading...
UE Blokir Ekspor Vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Australia
Uni Eropa blokir ekspor vaksin COVID-19 AstraZeneca ke Australia. Foto/Ilustrasi
A A A
BRUSSELS - Komisi Eropa dan Italia telah memblokir pengiriman vaksin COVID-19 AstraZeneca yang ditujukan ke Australia setelah perusahaan farmasi tersebut tidak memenuhi komitmen kontrak Uni Eropa .

Ini adalah pertama kalinya Uni Eropa (UE) menerapkan mekanisme kontrol ekspor yang dibentuknya untuk memastikan produsen obat tersebut menghormati kontrak mereka.

Sebuah sumber mengatakan AstraZeneca dilaporkan telah meminta otorisasi dari pemerintah Italia untuk mengekspor sekitar 250.000 dosis dari pabrik Anagni, dekat Roma. Situs ini dimiliki oleh grup Amerika Serikat (AS) Catalent.



Italia dilaporkan menolak permintaan tersebut, dan Komisi Eropa mendukung keputusannya.

Menurut Associated Press, seorang pejabat Uni Eropa, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengkonfirmasi pemblokiran vaksin tersebut, yang pertama kali dilaporkan oleh Financial Times yang dinukil Deutsche Welle, Jumat (5/3/2021).

UE meluncurkan sistem kontrol ekspor pada akhir Januari lalu di tengah kekurangan dosis vaksin pada tahap awal kampanye inokulasi.

Mekanisme tersebut dirancang untuk memastikan produsen obat memenuhi kewajiban kontrak mereka kepada blok tersebut sebelum ekspor komersial dapat disetujui.

Perdana Menteri Italia Mario Draghi, yang menjabat bulan lalu, baru-baru ini mengatakan kepada sesama pemimpin Uni Eropa bahwa blok tersebut perlu mempercepat vaksinasi dan memberlakukan konsekuensi pada perusahaan farmasi yang gagal memenuhi dosis yang dijanjikan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)