Terungkap, Korut Berusaha Sembunyikan Situs Penyimpanan Senjata Nuklir

Selasa, 02 Maret 2021 - 21:40 WIB
loading...
Terungkap, Korut Berusaha Sembunyikan Situs Penyimpanan Senjata Nuklir
Citra satelit mengungkapkan Korut mengambil langkah untuk menyembunyikan fasilitas penyimpanan senjata nuklir. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Citra satelit yang diperoleh CNN mengungkapkan bahwa Korea Utara (Korut) baru-baru ini mengambil langkah untuk menyembunyikan fasilitas yang diyakini badan intelijen Amerika Serikat (AS) untuk menyimpan senjata nuklir.

Gambar diambil oleh Maxar, perusahaan teknologi luar angkasa, pada 11 Februari lalu. Gambar yang kemudian dianalisis oleh para ahli di Middlebury Institute, menunjukkan Korut membangun struktur baru di situs Yongdoktong selama tahun 2020.

Upaya ini menurut para peneliti kemungkinan dimaksudkan untuk mengaburkan sepasang pintu masuk terowongan bawah tanah yang mengarah ke fasilitas tempat penyimpanan senjata nuklir.



"Gambar yang dirilis oleh Maxar menunjukkan sepasang pintu masuk terowongan hingga akhir Desember 2019 dan struktur seperti bangunan baru terlihat pada Februari 2021," menurut Jeffrey Lewis, seorang profesor di Middlebury Institute of International Studies, yang berspesialisasi dalam open-source. intelijen seperti dikutip dari CNN, Selasa (2/3/2021).

Yongdoktong sebelumnya telah diidentifikasi oleh intelijen Amerika Serikat (AS) sebagai fasilitas yang dicurigai sebagai tempat penyimpanan senjata nuklir Korut dan masih diyakini digunakan untuk tujuan itu, seorang pejabat intelijen AS mengatakan kepada CNN.

Gambar satelit yang diperoleh CNN menegaskan kembali apa yang telah diketahui secara luas di antara para pejabat dan pakar keamanan nasional AS selama bertahun-tahun: Korut terus secara aktif mengembangkan senjata nuklir di situs-situs di seluruh negeri sambil mengambil langkah lebih lanjut untuk menyembunyikan persediaan yang telah terkumpul.



Pembangunan baru-baru ini di situs tersebut pasti akan menarik perhatian badan-badan intelijen AS karena mereka dengan hati-hati memantau situs-situs yang dicurigai sebagai bagian dari program senjata nuklir Pyongyang, menurut dua mantan pejabat intelijen dan anggota parlemen kongres.

Anggota parlemen dan sekutu utama AS sangat menunggu rincian tentang kebijakan Presiden Joe Biden terhadap Korut, yang mereka perkirakan akan diumumkan secara terbuka dalam beberapa minggu mendatang ketika pemerintah telah menyelesaikan tinjauan kebijakan, menurut berbagai sumber yang mengetahui diskusi internal terkait hal tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)