Kapal Induk Inggris Senilai Rp54 Triliun Mengalami Kebocoran

Senin, 18 Mei 2020 - 12:38 WIB
loading...
Kapal Induk Inggris Senilai Rp54 Triliun Mengalami Kebocoran
Kapal induk HMS Prince of Wales milik Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Foto/Shaun Roster/SWNS
A A A
LONDON - Angkatan Laut Kerajaan Inggris meluncurkan investigasi terkait kebocoran di HMS Prince of Wales, kapal induk senilai ÂŁ3 miliar (lebih dari Rp54 triliun). Kapal militer raksasa itu kini dilabuhkan di Pangkalan Angkatan Laut Portsmouth.

Sebuah video yang diunggah di Facebook menunjukkan air mengalir melalui langit-langit ke area akomodasi kapal induk dengan bobot 65.000 ton tersebut. Kebocoran itu diketahui telah terjadi pada hari Jumat pekan lalu.

"Setelah masalah kecil dengan sistem internal pada HMS Prince of Wales, perusahaan kapal diharuskan untuk mengeluarkan sejumlah kecil air dari kapal," kata Angkatan Laut Kerajaan Inggris melalui seorang juru bicara, seperti dikutip dari Telegraph.co.uk, Senin (18/5/2020).

"Investigasi atas penyebabnya sekarang sedang dilakukan tetapi ini tidak akan memengaruhi program kapal," ujarnya. (Baca:
Kapal Induk Inggris Sudah 3 Kali Bocor, Kali Ini Kebanjiran 66.000 Galon Air )


Kebocoran itu terjadi setelah kapal induk yang merupakan saudara dari HMS Queen Elizabeth itu harus memangkas waktu uji coba laut pada Juli lalu setelah segel meledak yang menyebabkan sejumlah besar air mengalir dari pipa dan membanjiri beberapa geladak.

Menyusul insiden itu, komandan kapal Steve Moorhouse pada saat itu mengatakan kapal aman dan dalam pengalamannya kebocoran itu adalah masalah "mingguan" bagi kapal perang.

HMS Prince of Wales baru-baru ini menguji sistem keselamatannya termasuk penyebaran rakit penyelamat dan peluncuran darurat. Sedangkan kapal induk HMS Queen Elizabeth berlayar dari Gosport, Hampshire, pada hari Jumat untuk melakukan uji coba laut di lepas pantai selatan.

Pada bulan lalu, HMS Queen Elizabeth harus menunda keberangkatannya dari Portsmouth untuk memungkinkan kru yang beranggotakan 700 orang dites Covid-19. Hasil tes menunjukkan dua dari mereka positif terinfeksi virus corona baru dan dikeluarkan dari kapal. Ratusan kru lainnya juga menjalani masa karantina di laut sebelum memulai latihan. (Baca juga:
Kapal Induknya Bocor saat Uji Coba Laut, Inggris Dibuat Malu )


Pada bulan lalu warga Inggris juga mengeluh perihal kebisingan dan polusi dari HMS Prince of Wales yang membuat mereka terjaga di malam hari. warga di Gosport, Hants, mengklaim dengungan generator dari kapal induk itu sudah mengganggu lingkungan.

Neil Sutton, 59, seorang penduduk setempat mengatakan kepada Portsmouth News; "Tidak ada penduduk di bentangan pantai yang panjang ini yang bisa lolos dari suara kapal ini, terutama pada malam hari."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)