'Menghilang' Setahun Lebih, Istri Kim Jong-un Muncul Tersenyum

Rabu, 17 Februari 2021 - 11:23 WIB
loading...
Menghilang Setahun Lebih, Istri Kim Jong-un Muncul Tersenyum
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Ibu Negara Ri Sol-ju menonton pertunjukan teater Mansudae Art Theater di Pyongyang pada 16 Februari 2021. Foto/KCNA
A A A
PYONGYANG - Ri Sol-ju , istri diktator muda Korea Utara (Korut) Kim Jong-un , muncul lagi di depan publik setelah "menghilang" setahun lebih. Sebelum ini, penampilan terakhirnya adalah saat merayakan Hari Tahun Baru Imlek bersama suaminya di Teater Samjiyon di Pyongyang pada Januari 2020.

Foto-foto kemunculan Ibu Negara Korut ini dipublikasikan media pemerintah; KCNA, hari Selasa. Foto-foto itu memperlihatkan Kim dan Ri tersenyum saat melihat pertunjukan teater untuk memperingati mendiang ayah Kim Jong-un, mantan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-il.



Pertunjukan itu digelar di Mansudae Art Theater di Pyongyang pada 16 Februari 2021.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, seperti dikutip Yonhap, percaya Ri Sol-ju telah memutar kembali penampilan publiknya karena virus corona baru (COVID-19).

Badan intelijen itu juga menyatakan bahwa "tidak ada tanda-tanda luar biasa yang terdeteksi" dan mengatakan Ri tampaknya menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarganya. Kim dan Ri memiliki setidaknya satu anak bersama.

Hong Min, direktur divisi penelitian Korea Utara di Institut Korea untuk Unifikasi Nasional, mengatakan kepada Daily Star akhir bulan lalu bahwa COVID-19 mungkin menjadi motivasi di balik menghilangnya Ri dari mata publik.



"[Hilangnya] bisa jadi karena COVID-19...Sebagai seorang Ibu dengan anak kecil, berpartisipasi dalam kegiatan publik berisiko berpotensi menularkan," ujarnya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1834 seconds (0.1#10.140)