Mesin Bermasalah, Show Udara Jet Tempur Siluman F-35 AS Dibatalkan

loading...
Mesin Bermasalah, Show Udara Jet Tempur Siluman F-35 AS Dibatalkan
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/R Nial Bradshaw/US Air Force
Tim demonstrasi udara pesawat jet tempur siuman F-35 Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dipaksa membatalkan jadwal show udaranyauntuk tahun 2021. Musababnya, ada masalah pada mesin pesawat tempur mahal tersebut.

Jadwal pertunjukan udara F-35 terpaksa direvisi. Awal pekan ini, Bloomberg melaporkan bahwa tim tersebut memangkas delapan pertunjukan udara tahun ini, atau sekitar sepertiga dari total jadwal kinerjanya, untuk memastikan penerbangan tidak memperburuk kekurangan masalah mesin Raytheon Technologies Corp di seluruh layanan yang memburuk.

Baca juga: Rusia Siap-siap Uji Coba 'Senjata Kiamat' dari Kapal Selam Nuklir

Menurut laporan Bloomberg, yang mengutip pejabat pertahanan secara anonim, mesin pada model F-35 Angkatan Udara telah mendekati "batas desain mereka" dengan panas berlebih yang menyebabkan retakan dini. "Mesin dilepas atau diperbaiki lebih awal dari yang diantisipasi, memperburuk sistem depot yang sudah macet," bunyi laporan tersebut.

Pejabat program F-35 telah memberi tahu para pemimpin Departemen Pertahanan bahwa dalam skenario terburuk, hingga 20 persen F-35 Angkatan Udara mengalami kekurangan mesin pada tahun 2025.

Tim demonstrasi F-35 Pangkalan Angkatan Udara Hill sebelumnya telah mengumumkan 24 pertunjukan yang akan berlangsung tahun ini, tetapi pada hari Kamis lalu, grup tersebut telah menghapus jadwalnya dari situs webnya, diganti dengan pesan yang berbunyi; “Jadwal pertunjukan 2021 kami saat ini sedang diperbarui...jadwal baru akan dipublikasikan di sini segera setelah diselesaikan."



Standard-Examiner pada Jumat (12/2/2021) mengonfirmasi kekurangan mesin yang dilaporkan dengan Sayap Tempur ke-388 Hill. Sayap tempur tugas aktif—bersama dengan mitra cadangannya, Sayap Tempur ke-419—memiliki dan mengoperasikan 78 unit F-35, berfungsi sebagai satu-satunya perlengkapan F-35 berkemampuan tempur Angkatan Udara.

Baca juga: Markas Jet Tempur Siluman F-35 Israel Diserbu Pengendara Mobil Berkecepatan Tinggi

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh sayap tempur tersebut, masalah mesin tidak mengganggu operasi tempur dunia nyata. Sejak paruh kedua tahun 2019, sayap tempur tersebut telah menyelesaikan tiga penempatan tempur F-35 ke Timur Tengah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top