Rusia Bangun Pangkalan Udara Suriah untuk Terima Pesawat Pembom Nuklir

Jum'at, 12 Februari 2021 - 20:10 WIB
loading...
Rusia Bangun Pangkalan Udara Suriah untuk Terima Pesawat Pembom Nuklir
Pesawat pembom berkemampuan nuklir milik Rusia. Foto/REUTERS
A A A
DAMASKUS - Rusia memodernisasi Pangkalan Udara Hmeimim di Latakia, Suriah barat, sebagai persiapan untuk menerima pesawat pembom nuklir strategis.

“Langkah ini sebagai bagian dari rencana Moskow memperkuat kehadiran Rusia di negara itu,” ungkap laporan surat kabar Nezavisimaya Gazeta dari Rusia.

Surat kabar itu mengatakan Rusia sedang memodernisasi Pangkalan Udara Hmeimim dengan membangun kembali landasan pacu untuk menerima pesawat strategis jarak jauh yang mampu membawa senjata nuklir.



Menurut media Rusia, pesawat pembom strategis akan mampu, jika perlu, untuk menyerang "teroris Suriah" dan mendukung Skuadron Mediterania Rusia.



Surat kabar tersebut mengutip analis Amerika Serikat (AS) Joseph Trevithick yang mengatakan Rusia membuat landasan pacu lebih panjang yang akan memungkinkannya mengayunkan keseimbangan geopolitik di Timur Tengah sehingga menguntungkannya.

Lihat infografis: Pasukan Amerika Serikat Tak Lagi Lindungi Ladang Minyak Suriah

"Pangkalan Hmeimim adalah alat penting bagi kehadiran Rusia di Suriah, dan lebih tepat untuk mengatakan di sini bahwa Rusia sedang mencoba memperluas pengaruh geopolitik dan militernya untuk mencakup seluruh Mediterania," papar Trevithick.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1793 seconds (0.1#10.140)