KBRI Bratislava Distribusikan Bantuan Sosial kepada WNI Terdampak Covid-19

Sabtu, 16 Mei 2020 - 22:34 WIB
loading...
KBRI Bratislava Distribusikan Bantuan Sosial kepada WNI Terdampak Covid-19
KBRI Bratislava menyalurkan bantuan sosial kepada para WNI terdampak pandemi Covid-19 di Slowakia. Foto/KBRI Bratislava
A A A
BRATISLAVA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bratislava, Republik Slowakia, telah mendistribusikan bantuan sosial berupa sembako dan produk sanitasi kepada warga negara Indonesia (WNI) yang terdampak pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Ini merupakan bantuan sosial tahap kedua yang disalurkan KBRI Bratislava. Penyaluran bantuan dilakukan masing-masing pada kurun waktu 7-15 Mei 2020.

Bantuan sosial tahap kedua diberikan kepada 15 WNI, yang terdiri dari 12 pekerja migran Indonesia (PMI) dan tiga mahasiswa Indonesia yang tengah mengikuti program pertukaran mahasiswa dengan skema Erasmus. Bantuan diberikan untuk memastikan para WNI memiliki pasokan bahan makanan yang cukup selama masa pandemi, khususnya di bulan Ramadhan.

Bantuan yang disalurkan terdiri dari bahan-bahan kebutuhan pokok atau dikenal dengan sebutan sembako seperti beras, mi instan, gula, minyak goreng, telur dan makanan kaleng. Selain itu masker wajah pelindung dari bahaya virus corona baru juga diberikan.
KBRI Bratislava Distribusikan Bantuan Sosial kepada WNI Terdampak Covid-19

Sekadar diketahui, saat ini Slowakia masih menjalani fase lockdown, yang mengakibatkan sebagian besar aktivitas ekonomi lumpuh. Fase ini menyebabkan para PMI, khususnya yang bekerja pada sektor jasa mengalami pengurangan jam kerja. Pengurangan jam kerja sangat berdampak pada upah bulanan, mengingat para PMI dibayar berdasarkan jam kerja.

Distribusi bantuan sosial merupakan bentuk kepedulian dan kehadiran negara bagi seluruh WNI di negara akreditasi. KBRI Bratislava terus memantau perkembangan dan kondisi seluruh WNI di Slowakia.

Selain bantuan sosial, KBRI Bratislava juga turut membantu pemulangan WNI ke Tanah Air pada masa pandemic. "Hingga saat ini, KBRI Bratislava telah memfasilitasi pemulangan 10 WNI ke Tanah Air. Pemulangan ini juga turut dibantu oleh KBRI Wina, Austria,” kata Duta Besar (Dubes) Indonesia di Bratislava, H.E. Adiyatwidi Adiwoso, dalam keterangan pers KBRI Bratislava yang diterima SINDOnews.com, Sabtu (16/5/2020).

Dubes Adiyatwidi mengatakan dalam waktu dekat, yakni awal Juni, KBRI Bratislava akan kembali membantu pemulangan tiga mahasiswa Indonesia ke Jakarta.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)