Klaim Buku Baru: Malaysia Airlines MH370 Mungkin Ditembak Rudal

Selasa, 26 Januari 2021 - 15:03 WIB
loading...
Klaim Buku Baru: Malaysia Airlines MH370 Mungkin Ditembak Rudal
Ilustrasi pesawat komersial saat mengudara. Foto/REUTERS
A A A
KUALA LUMPUR - Sebuah buku baru tentang investigasi tragedi penerbangan Malaysia Airlines MH370 mengeklaim pesawat itu mungkin telah ditembak jatuh oleh rudal atau senjata lain dari langit.

Penerbangan penumpang internasional berjadwal itu menghilang dari radar pada 8 Maret 2014, sebelum berbelok. Pesawat tersebut terbang dari Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju tujuan yang direncanakan, Bandara Internasional Ibu Kota Beijing.



Dalam perkembangan terbaru dalam misteri seputar insiden yang terjadi sebelum pesawat MH370 menghilang dengan sedikitnya 239 orang, penulis buku dan jurnalis Florence de Changy mengeklaim bahwa pesawat tersebut tidak berputar balik.

De Changy adalah jurnalis investigasi. Dia menulis bahwa pesawat Boeing 777 itu bisa saja ditembak jatuh oleh jet tempur, rudal atau sistem senjata berpemandu laser baru yang sedang diuji di wilayah tersebut pada saat itu.

Setidaknya dua pencarian bawah air utama telah menjelaskan keadaan pesawat yang tidak diketahui ketika salah satu teori yang beredar adalah tentang pembunuhan massal-bunuh diri oleh pilot Zaharie Ahmad Shah.

Beberapa laporan lain memperkirakan bahwa pesawat telah membuat putaran kurang dari satu jam ke rute yang direncanakan sebelum tenggelam ke laut. Puing-puing pesawat tersebut dilaporkan telah ditemukan di pulau Reunion Prancis, di pantai Tanzania dan Mozambik serta di pantai Madagaskar.



Setelah penyelidikan yang panjang, Florence de Changy mengeklaim bahwa pesawat itu tetap berada di jalur selama 80 menit hanya sampai pukul 02.40 sebelum jatuh ke Teluk Thailand, dekat Vietnam. Dalam bukunya; "The Disappearing Act: The Impossible Case Of MH370", dia menulis bahwa pesawat tersebut membawa kargo ilegal. Dia juga mengatakan bahwa kru melakukan kontak dengan pengatur lalu lintas udara Vietnam sebelum kecelakaan itu terjadi.

Saat berbicara dengan The Sun yang dilansir Senin (26/1/2021), dia mengatakan; "Sistem senjata laser baru sedang diuji pada saat itu." Dia tidak merinci militer negara mana yang menguji coba senjata tersebut.

Menurutnya, menembak jatuh pesawat bisa menjadi "kesalahan" atau "upaya terakhir" untuk menghentikan kargo khusus pesawat "jatuh ke tangan yang salah".

Teori De Changy menunjukkan bahwa bencana tersebut terjadi sekitar pukul 02.45 pagi di utara Vietnam. Sesuai laporan tersebut, sumber intelijen mengatakan kepadanya bahwa dua pesawat radar Amerika Serikat (AS) menghubungi MH370 antara pukul 01.21 pagi dan 02.25 pagi.

Selanjutnya, pesawat ketiga lainnya melakukan kontak pada pukul 01.30 pagi sebelum awak Malaysia Airlines berbicara dengan pengawas lalu lintas udara Kota Ho Chi Minh, Vietnam pada pukul 02.37 pagi untuk pengumuman pendaratan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)