Ladeni Tantangan Turki, Yunani Borong 18 Jet Tempur Prancis

Selasa, 26 Januari 2021 - 07:45 WIB
loading...
Ladeni Tantangan Turki, Yunani Borong 18 Jet Tempur Prancis
Pesawat jet tempur Rafale Prancis. Foto/REUTERS
A A A
ATHENA - Yunani dan Prancis menandatangani kesepakatan pembelian 18 unit jet tempur Rafale senilai 2,5 miliar euro (USD3 miliar) pada Senin. Pembelian belasan pesawat tempur ini untuk meningkatkan kekuatan angkatan bersenjata Athena sebagai respons atas tantangan Turki di Mediterania timur.

Dalam kesepakatan itu, Yunani telah setuju membeli 18 unit jet tempur Rafale, 12 di antaranya bekas, yang dibuat oleh perusahaan Prancis; Dassault, untuk meningkatkan pasukannya selama pertempuran udara reguler mereka dengan pilot Turki atas wilayah udara Aegean yang disengketakan.



Kesepakatanterjadi ketika rival lama regional itu memulai putaran pembicaraan eksplorasi atas kepentingan mereka yang berbentrokan di Mediterania. Pembicaraan ini yang pertama dalam hampir lima tahun.

Seorang juru bicara pemerintah Yunani menegaskan pembicaraan dengan Turki "bukan negosiasi" dan "tidak mengikat".

Prancis sangat mendukung Yunani dalam kebuntuannya dengan Turki atas eksplorasi sumber daya gas alam dan pengaruh Angkatan Laut di perairan lepas pantai masing-masing.

"Kesepakatan pesawat tempur mengirimkan pesan yang jelas ke beberapa arah," kata Menteri Pertahanan Yunani Nikos Panagiotopoulos saat ia mengawasi upacara penandatanganan dengan mitranya dari Prancis, Florence Parly, di Athena, seperti dilansir France24, Selasa (26/1/2021).



Juru bicara pemerintah Yunani Christos Tarantilis mengatakan pengiriman enam pesawat pertama akan dimulai pada Juli.

Menurutnya, sekelompok pilot dan teknisi Angkatan Udara Yunani akan melakukan perjalanan ke Prancis untuk pelatihan selama beberapa hari ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)