Wuhan Sudah Tes Virus Corona untuk 3 Juta Warga Sejak April

Jum'at, 15 Mei 2020 - 19:15 WIB
loading...
Wuhan Sudah Tes Virus Corona untuk 3 Juta Warga Sejak April
Petugas medis melakukan tes pada warga di Wuhan, China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Wuhan yang menjadi asal wabah virus corona di China telah melakukan tes pada lebih 3 juta warganya sejak April.

Kini kota itu fokus melakukan tes pada sisanya dari total 11 juta penduduk Wuhan. “Saat tes pada setiap orang itu selesai dilakukan, otoritas akan memiliki gambaran jelas jumlah kasus virus corona tanpa gejala saat bisnis dan sekolah dibuka lagi,” papar kantor berita Xinhua.

“Prioritas akan diberikan pada warga yang belum pernah menjalani tes, orang yang tinggal di kompleks perumahan yang sebelumnya memiliki kasus infeksi, serta warga lanjut usia atau di pemukiman padat,” ungakp hasil rapat pemerintah Wuhan, dilansir Xinhua.

Kekhawatiran atas gelombang kedua wabah muncul selama akhir pekan, saat Wuhan melaporkan satu klaster infeksi, pertama sejak lockdown dicabut di kota itu pada 8 April.

Infeksi baru itu sebelumnya merupakan kasus tanpa gejala, di mana seseorang terjangkit virus tapi tak memiliki gejala seperti demam.

Reuters berdasarkan dokumen internal pejabat distrik melaporkan pada 11 Mei bahwa Wuhan berencana melakukan tes asam nukleat selama 10 hari. Itu akan berupa jutaan tes yang dilakukan dalam rentang waktu yang singkat.

Wuhan melakukan total 1,79 juta tes dari 1 April hingga 13 Mei menurut data Reuters berdasarkan laporan harian komisi kesehatan kota Wuhan. (Baca Juga: Ilmuwan Whistleblower Covid-19 AS Beber Respons Kacau Pemerintah Trump)

Jika laporan Xinhua bahwa 3 juta tes yang dilakukan sejak April juga menggunakan data dari komisi kesehatan, itu arti 1,2 juta tes dilakukan pada 14 Mei saja.

Saat ini Wuhan mendeteksi beberapa dan lebih dari 12 infeksi tanpa gejala setiap hari. (Baca Juga: Covid-19 Mengganas di Rusia, 10.598 Orang Terinfeksi dalam 24 Jam)

Beberapa pakar menyatakan tes massal dalam skala luar biasa itu menunjukkan level kekhawatiran.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1582 seconds (0.1#10.140)