Ritual Kristen Ortodoks, Putin Telanjang Dada Berendam di Kolam ES

Rabu, 20 Januari 2021 - 06:51 WIB
loading...
Ritual Kristen Ortodoks, Putin Telanjang Dada Berendam di Kolam ES
Presiden Rusia Vladimir Putin berendam di kolam es untuk menandai perayaan Kristen Ortodoks Epiphany. Foto/Kremlin.ru
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin berendam di kolam es pada hari Selasa untuk menandai perayaan Kristen Ortodoks Epiphany.

Orang-orang Rusia merayakan Epiphany setiap tahun dengan mandi di danau dan sungai yang membeku untuk merayakan pembaptisan Yesus di Sungai Jordan.

Video yang dibagikan kantor berita RIA Novosti dari kolam Kremlin menunjukkan Putin mengarungi air es dengan celana renang biru dan mencelupkan tubuhnya tiga kali sambil menyeberang sebelum buru-buru keluar dari lubang es.



"Itu tradisinya. Dia tidak mengkhianati tradisi," kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov, kepada wartawan, tak lama sebelum video itu muncul online, seperti dikutip The Moscow Times, Rabu (20/1/2021).

Tradisi Kristen Ortodoks juga populer di kalangan "tak-beriman", karena mandi es beku dianggap baik untuk tubuh.

Tahun ini, Peskov tidak mengatakan di mana Putin mencelupkan diri atau berapa suhu kolam es Kremlin. Akun Twitter reporter Kremlin pool mengatakan video itu direkam di luar Moskow dalam cuaca minus 20 derajat Celcius.

Para pengamat dengan cepat melihat kemiripan antara warna pakaian renang Putin dan pakaian dalam pemimpin oposisi Alexei Navalny, yakni warna biru. Navalnya mengklaim celana dalamnya itulah yang menjadi tempat menaruh racun dengan tujuan untuk membunuhnya.



Aksi Putin berendam di air es juga melanjutkan tradisi berfoto dengan telanjang dada saat melakukan berbagai aktivitas termasuk menunggang kuda, berburu, menangkap ikan, dan bersantai di bawah sinar matahari di Siberia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)