Vaksinasi Segera Dimulai, Korsel Berharap Capai Kekebalan Kawanan pada November

Senin, 18 Januari 2021 - 16:02 WIB
loading...
Vaksinasi Segera Dimulai, Korsel Berharap Capai Kekebalan Kawanan pada November
Presiden Korsel, Moon Jae-in mengatakan bahwa negara tersebut kemungkinan akan mencapai kekebalan kawanan terhadap penyakit virus Corona di bawah program vaksinasi pada November tahun ini. Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in mengatakan bahwa negara tersebut kemungkinan akan mencapai kekebalan kawanan terhadap penyakit virus Corona di bawah program vaksinasi pada November tahun ini. Korsel dijadwalkan memulai vaksinasi pada Februari mendatang.

Moon mencatat bahwa akan dibutuhkan beberapa bulan untuk menyelesaikan program vaksinasi. Korsel, jelasnya, dijadwalkan akan menyelesaikan vaksinasi awal pada bulan September.

"Mulai Februari, kami berencana menyelesaikan vaksinasi awal pada September. Saya yakin kami akan dapat mencapai tingkat kekebalan kawanan secara umum pada saat itu," kata Moon dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (18/1/2021).

Dia menekankan bahwa Korsel akan menjadi salah satu negara pertama yang mencapai kekebalan kolektif, menambahkan bahwa beberapa tindakan terkait virus Corona dapat dikurangi, mengingat gelombang ketiga virus sedang menurun.

"Vaksinasi akan dimulai bulan depan,dan sebelumnya akan digunakan obat-obatan," ujarnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Korsel, Chung Sye-kyun mengatakan bahwa pengobatan antibodi monoklonal anti-coronavirus yang dikembangkan oleh raksasa biofarmasi yang berbasis di Incheon, Celltrion, akan diluncurkan bulan depan.

Obat tersebut dilaporkan mengurangi waktu pemulihan pasien Covid-19 dan tidak memiliki efek samping yang tercatat. Ia juga dikatakan dapat membunuh virus dalam waktuempat dan lima hari, mencegah pasien mengembangkan gejala yang parah.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)