AS Sumbang Palestina Rp77, 4 Miliar untuk Perangi Virus Corona

Jum'at, 17 April 2020 - 09:47 WIB
loading...
AS Sumbang Palestina Rp77, 4 Miliar untuk Perangi Virus Corona
Para petugas polisi Palestina mengenakan masker di tengah pandemi virus corona baru, COVID-19. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memberikan dana USD5 juta (Rp77,4 miliar) kepada Palestina untuk membantu mereka memerangi epidemi virus corona baru, COVID-19.

Donasi diumumkan oleh Duta Besar AS untuk Israel David Friedman. Ini adalah bantuan pertama setelah bertahun-tahun bantuan dihentikan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump untuk Tepi Barat dan Gaza, dua wilayah Palestina.

"Saya sangat senang AS menyediakan USD5 juta untuk rumah sakit dan rumah tangga Palestina untuk memenuhi kebutuhan yang segera dan menyelamatkan jiwa dalam memerangi COVID-19," tulis Friedman di Twitter.

"AS, sebagai donor bantuan kemanusiaan top dunia, berkomitmen untuk membantu rakyat Palestina," lanjut dia, seperti dikutip Reuters, Jumat (17/4/2020).

Menurut situs web Departemen Luar Negeri AS donasi USD5 juta akan menjadi bantuan bencana internasional dari Badan Pembangunan Internasional AS atau USAID.

Pemerintah Palestina belum berkomentar atas donasi pemerintah Trump. Selama ini, Palestina berseteru dengan Gedung Putih karena dianggap terlalu membela Israel, termasuk dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota negara mayoritas Yahudi tersebut.

Pemerintahan Trump sejak 2018 telah memotong ratusan juta dolar bantuan kepada Palestina. Pemotongan bantuan itu sebagai upaya untuk menekan Palestina agar kembali ke meja perundingan dalam pembicaraan damai dengan Israel.

Palestina telah memboikot upaya perdamaian yang dimediasi pemerintah Trump sejak 2017, dengan menuduh Washington pro-Israel.

Trump telah merilis rencana perdamaian Timur Tengah atau dikenal sebagai "Perjanjian Abad Ini" pada bulan Januari. Israel setuju, sementara orang-orang Palestina menolaknya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)