Australia Desak China Segera Beri Akses Kepada Tim Investigasi WHO

Kamis, 07 Januari 2021 - 16:10 WIB
loading...
Australia Desak China Segera Beri Akses Kepada Tim Investigasi WHO
Australia mendesak China untuk sagera memberikan akses kepada tim investigsi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Australia mendesak China untuk sagera memberikan akses kepada tim investigsi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tim penyelidik WHO datang ke China untuk menyelidiki asal usul Covid-19.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus kemarin mengaku sangat kecewa dengan laporan bahwa anggota tim penyelidik tidak dapat melakukan perjalanan pada menit terakhir, karena belum mendapatkan visa dari China.

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne mengatakan China harus memberikan akses kepada tim WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 tanpa penundaan. ( Baca juga: Dituding Persulit Akses Tim Penyelidik WHO, Ini Kata China )

"Kami berharap izin yang diperlukan untuk perjalanan tim WHO ke China dapat dikeluarkan tanpa penundaan," kata Payne dal am sebum pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (7/1/2021).

Dia menegaskan kembali pentingnya studi ilmiah yang diadakan WHO. "Kami menantikan temuan dari misi lapangan internasional ke China,” ungkapnya. ( Baca juga: Ilmuwan Australia Kembangkan Metode Pengurutan Genom, Lacak Kasus Covid-19 Dalam 4 Jam )

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying mengatakan bahwa ada sedikit keselahpahamam dengan WHO dan masalahnya bukan hanya tentang visa untuk anggota tim penyelidik. Hua meminta semua pihak untuk tidak membesar-besarkan masalah ini.

"Telah terjadi "kesalahpahaman" dan kedua belah pihak masih dalam diskusi mengenai waktu dan pengaturan lainnya dan tetap berkomunikasi secara dekat. Tidak perlu menafsirkan ini secara berlebihan," ucapnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)