Inggris Negara Pertama di Dunia Setujui Vaksin Covid AstraZeneca/Oxford

Rabu, 30 Desember 2020 - 17:01 WIB
loading...
Inggris Negara Pertama di Dunia Setujui Vaksin Covid AstraZeneca/Oxford
Ilustrasi vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca/Oxford. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin virus corona buatan Universitas Oxford dan AstraZeneca.

Persetujuan itu diberikan saat Inggris menghadapi peningkatan kasus Covid-19 pada musim dingin akibat varian baru virus tersebut.

AstraZeneca mengatakan otorisasi itu untuk dua dosis dan vaksin tersebut telah disetujui digunakan untuk pasokan darurat. Inggris telah memesan 100 juta dosis vaksin.

“Pemerintah hari ini telah menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) untuk mengesahkan vaksin COVID-19 Oxford University/AstraZeneca untuk digunakan,” ungkap Kementerian Kesehatan Inggris. (Baca Juga: Amerika Serikat Deteksi Kasus Pertama Varian Baru Covid-19)

Inggris telah meluncurkan vaksin Pfizer-BioNTech. Dalam perubahan pendekatan, Komite Bersama untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI) mengatakan bahwa prioritas harus diberikan kepada sebanyak mungkin orang dalam kelompok berisiko, untuk dosis pertama mereka, daripada memberikan dua dosis yang diperlukan dalam waktu sesingkat mungkin. (Lihat Infografis: Indonesia Disebut Akan Mundur dari Proyek Jet Tempur KF-X/IF-X Korsel)

Menteri Kesehatan Matt Hancock mengatakan MHRA akan menjelaskan lebih rinci tentang pengaturan dosis pada Rabu (30/12) malam. (Lihat Video: Vaksin Covid-19 Halal atau Haram?)

Pengesahan peraturan merupakan dorongan yang disambut baik AstraZeneca dan tim Oxford, yang sempat dituduh tidak memberikan kejelasan tentang hasil uji coba tahap akhir.



“Hari ini adalah hari penting bagi jutaan orang di Inggris yang akan mendapatkan akses ke vaksin baru ini,” ungkap CEO AstraZeneca Pascal Soriot.

“Ini telah terbukti efektif, dapat ditoleransi dengan baik, mudah dikelola dan disediakan oleh AstraZeneca tanpa (mengambil) keuntungan,” papar Soriot.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0684 seconds (0.1#10.140)