Putin: Jika Rusia Ingin Bunuh Navalny, FSB Akan Menghabisinya

Jum'at, 18 Desember 2020 - 09:18 WIB
loading...
Putin: Jika Rusia Ingin Bunuh Navalny, FSB Akan Menghabisinya
Presiden Rusia Vladimir Putin menjawab tudingan ia ingin menghabisi pemimpin oposisi Alexei Navalny. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin angkat bicara terkait tudingan ingin menghabisi pemimpin oposisi Alexei Navalny. Orang kuat Rusia itu dituding telah menugaskan tim khusus untuk meracuni Navalny.

Menanggapi tudingan itu, Putin mengklaim bahwa Navalny menikmati dukungan dari dinas khusus Amerika Serikat (AS). Ia pun menambahkan bahwa jika dinas khusus Rusia ingin membunuhnya, mereka akan menyelesaikannya.

Komentar Putin muncul sebagai tanggapan atas pertanyaan pada konferensi pers tahunannya setelah penyelidikan oleh kelompok investigasi Bellingcat dan CNN, yang diterbitkan Senin, yang mengungkap bukti bahwa Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) membentuk tim elit dengan spesialisasi racun saraf yang membuntuti Navalny selama bertahun-tahun.(Baca juga: Navalny Yakin 100% Putin Perintahkan Tim Elit untuk Meracuninya )



Navalny diracuni dengan racun Novichok pada bulan Agustus dan hampir mati. Setelah perawatan awal di Omsk, Siberia, dia dibawa ke sebuah klinik di Berlin. Kremlin telah berulang kali membantah terlibat dalam kasus keracunannya.

Dalam komentar pertamanya tentang penyelidikan tersebut, Putin tidak membantah rincian temuan apa pun, tetapi pada dasarnya mengonfirmasi bahwa agen FSB memang mengikuti Navalny.

Putin mengklaim tanpa bukti bahwa Navalny - yang dia sebut sebagai "pasien di klinik Berlin" - didukung oleh badan intelijen AS.(Baca juga: Putin Perintahkan Tim Elit Racuni Navalny, Menlu Rusia: Lucu untuk Dibaca )

"Jika itu benar, maka itu menarik, maka tentu saja dinas khusus (kami) perlu mengawasinya," ujarnya.

"Tapi itu tidak berarti dia perlu diracuni, siapa yang butuh dia? Jika (mereka) mau, mereka mungkin sudah menghabisinya," tambah Putin.

"Tapi dalam kasus ini, istrinya memintaku, dan aku segera memberi perintah agar dia keluar negeri untuk dirawat di Jerman. Ini tipuan untuk menyerang para pemimpin (di Rusia)," cetusnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)