Inilah 6 Mata-mata Paling Sukses di Dunia

Senin, 20 April 2020 - 07:27 WIB
loading...
A A A


Kepopuleran nama Sidney Reilly sudah menyebar ke beberapa negara di dunia. Bersama dengan Dusan Popov, Sidney Reilly juga dikatakan adalah inspirasi dari tookoh James Bond. Reilly adalah sosok mata-mata handal, berkharisma, penipu ulung, dan memiliki banyak akal.

Reilly diketahui menjadi dalang dibalik aksi menggulingkan pemerintahan Uni Soviet pada 1925. Sayangnya aksi tersebut tercium oleh pemerintah Uni Soviet. Reilly kemudian ditangkap dan dijatuhi hukuman mati.

6. Nathan Hale (Mata-mata AS)

Inilah 6 Mata-mata Paling Sukses di Dunia




Pria inilah yang menjadi cikal bakal mata-mata di Amerika Serikat. Nathan Hale yang merupakan seorang kapten pasukan Continental ketika masa perang Revolusi Amerika pada 1775 merupakan mata-mata terkenal pertama dari Negeri Paman Sam.

Jika sebelumnya negara yang menunjuk orang menjadi mata-mata, justru Hale yang menawarkan sendiri menjadi seorang spionase. Hale yang diterima menjadi mata-mata Amerika, ditugaskan untuk mengumpulkan sejumlah informasi di Inggris. Aksi mata-mata Hale berhasil diketahui Inggris dan akhirnya dihukum mati.

Sumber: explorade.com
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)