Kasus Covid-19 Tak Kunjung Menurun, Korsel Kembali Perketat Pembatasan

loading...
Kasus Covid-19 Tak Kunjung Menurun, Korsel Kembali Perketat Pembatasan
Korea Selatan (Korsel) dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk terlebih dahulu memperketat beberapa aturan jarak sosial di Seoul dan sekitarnya. Foto/REUTERS
A+ A-
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk terlebih dahulu memperketat beberapa aturan jarak sosial di Seoul dan sekitarnya. Langkah ini diambil setelah Korsel melaporkan 300 kasus baru Covid-19 dalam lima hari berturut-turut.

Perdana Menteri Korsel, Chung Sye-kyun mengatakan, bahwa para pejabat akan membahas apakah akan menegakkan peraturan jarak yang lebih ketat untuk wilayah Seoul serta wilayah barat daya negara itu, untuk meredam penyebaran Covid-19.

Di bawah pedoman menghadapi Covid-19 Korsel, tingkat pembatasan ditentukan oleh tolok ukur tertentu, seperti peningkatan yang signifikan dalam waktu singkat, atau ketika penghitungan nasional harian melebihi 300 selama lebih dari seminggu. (Baca juga: Korsel Sukses Uji Taksi Terbang di Tengah Kota Seoul)

Tetapi, Chung mengatakan, pemerintah sedang mengkaji apakah akan memperketat aturan jarak sosial di beberapa wilayah di Korsel sebelum negara itu menghadapi lebih dari 300 kasus per hari.



"Kami berada pada titik kritis menghadapi sejumlah besar infeksi di seluruh negeri," kata Chung dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Senin (23/11/2020).

Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) melaporkan 330 kasus Covid-19 pada Sabtu malam, turun dari 386 yang dilaporkan sehari sebelumnya. (Baca juga: Waspada! Korsel Siap Pertegas Langkah Hadapi Gelombang Ketiga COVID-19)

Seorang pejabat KDCA mengatakan negara itu mungkin menghadapi wabah nasional yang besar, yang melampaui dua gelombang infeksi sebelumnya, jika gagal menghadang penyebaran saat ini.



Korsel sendiri diketahui menerapkan upaya pelacakan, pengujian, dan karantina yang agresif untuk membasmi wabah tanpa memberlakukan lockdown. Meski jarang menghadapi lonjakan kasus yang besar, Korsel selalu disibukan oleh infeksi dalam jumlah kecil atau sedang, yang terus menerus terjadi.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top