Terancam oleh China, Taiwan Bangun 8 Kapal Selam Mulai Minggu Depan

Sabtu, 21 November 2020 - 00:00 WIB
loading...
Terancam oleh China, Taiwan Bangun 8 Kapal Selam Mulai Minggu Depan
Kapal selam diesel-listrik Hai Lung SS-793 muncul dari bawah laut selama latihan di dekat pangkalan Angkatan Laut Yilan, Taiwan, 13 April 2018. Foto/REUTERS/Tyrone Siu
A A A
TAIPEI - Taiwan akan mulai bekerja minggu depan untuk membangun delapan kapal selam yang dikembangkan di dalam negeri. Pulau itu merasa perlu memiliki armada kapal selam untuk membela diri karena ada ancaman dari militer China .

Kantor Kepresidenan Taiwan pada Jumat (20/11/2020) mengumumkan dimulainya proyek tersebut.

Juru bicara kantor kepresidenan Xavier Chang mengatakan proyek tersebut akan mencakup delapan kapal selam dan akan memperkuat pertahanan pulau itu. "Ini merupakan tonggak baru dalam rencana pembuatan kapal selam nasional," kata Chang, seperti dikutip Russia Today. (Baca: Media China Sentil Indonesia karena Menentang Klaim China di Laut China Selatan )

Presiden Tsai Ing-wen akan menghadiri upacara Selasa depan untuk memulai proyek pembangunan kapal selam.

Program ini adalah bagian dari modernisasi militer dan rencana swasembada pemerintah Tsai. Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada bulan September—meskipun tanpa menyebut China—bahwa pulau itu memiliki hak untuk membela diri dan melakukan serangan balik "di tengah frekuensi tinggi gangguan dan ancaman dari kapal perang dan pesawat musuh tahun ini".

Militer Taiwan menambahkan pada saat itu bahwa mereka telah mendefinisikan dengan jelas prosedur untuk respons pertama.

Kapal selam pertama dari armada baru, yang diperkirakan menelan biaya USD1,72 miliar, dapat mulai beroperasi pada akhir 2024.

Saat ini, Taiwan memiliki empat kapal selam, dan dua di antaranya berasal dari Perang Dunia II. Tidak ada kapal selam yang cocok dengan armada China. (Baca juga: Anggota Kabinet Trump Kunjungi Taiwan, China Marah )

Media lokal sebelumnya melaporkan bahwa rencana itu telah ditunda, tetapi Angkatan Laut Taiwan mengatakan pada 2 November bahwa pulau itu akan mulai membangun kapal pertama bulan ini di galangan kapal baru.

Militer setempat mengatakan CSBC Corporation Taiwan merancang galangan kapal di Kaohsiung untuk pembuatan kapal selam, dan pekerjaan persiapan dimulai di sana pada Mei tahun lalu.

Pengumuman tentang armada baru itu muncul di tengah ketegangan yang meningkat dengan China, khususnya, atas penjualan senjata canggih Amerika Serikat ke pulau itu dan kunjungan pejabat AS ke Taipei.

Pemerintah Taiwan pada hari Jumat mengumumkan kunjungan baru—kali ini oleh KepalaBadan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (AS)—Andrew Wheeler. Ini akan menjadi perjalanan ketiga oleh seorang pejabat senior AS sejak Agustus.

Beijing mengatakan kebijakannya terhadap pulau itu didasarkan pada "prinsip satu China". Kementerian Luar Negeri China pada hari Jumat menegaskan kembali menentang semua bentuk interaksi resmi antara Washington dan Taiwan, dengan mengatakan Beijing akan membuat respons yang perlu.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)