alexametrics

Tangani Pandemi Corona, Obama Nilai Kepemimpinan Trump Kacau Balau

loading...
Tangani Pandemi Corona, Obama Nilai Kepemimpinan Trump Kacau Balau
Mantan Presiden AS Barack Obama memberikan dukungan penuhkepada Joe Biden sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Foto/Reuters
A+ A-
WASHINGTON - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menilai kepemimpinan Presiden Donald Trump dalam menangani pandemi virus corona sangat “kacau balau”. Itu diungkapkan dalam konferensi virtual Obama dengan mantan menteri pada pemerintahannya.

Selama ini Obama memang menghindari upaya menyalahkan Trump dalam penanganan krisis corona yang menewaskan lebih dari 75.000 warga AS. Dalam seruan pada konferensi yang diikuti 3.000 Asosiasi Alumni Obama, para mantan pejabat yang pernah bergabung pada pemerintahan Obama, dia menyerukan para pendukungnya untuk memberikan dukungan bagi kandidat calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden pada pemilu 3 November mendatang. Konten konferensi pertama kali dilaporkan Yahoo News. Sumber yang familier dengan konferensi langsung mengonfirmasinya kepada Reuters. (Baca: Ini Alasan Mengapa Butuh Waktu Lama Kembangkan Vaksin Covid-19)

Obama mengatakan, pemilu sangat penting karena rakyat AS sedang bertarung bukan dengan individu khusus atau partai politik. “Kita berperang melawan tren jangka panjang, yakni keras kepala, menjadi kesukuan, menjadi terpisah, serta melihat orang lain sebagai musuh, dan itu menjadi semakin menguat dalam kehidupan rakyat AS,” kata Obama.



Dia mengatakan, salah satu alasan kenapa respons krisis global begitu menjadi perhatian. “Itu bisa menjadi sesuatu yang buruk meskipun memiliki pemerintahan terbaik. Tapi, itu justru menjadi bencana kacau balau ketika pola pikir ‘apa yang bisa untuk saya’ dan ‘menikahi orang lain’ ketika pola pikir itu beroperasi di pemerintahan AS. Itulah kenapa, saya menghabiskan banyak waktu untuk berkampanye untuk Joe Biden,” katanya.

Sayangnya, kantor Obama menolak berkomentar. Dalam percakapan selama 30 menit, Obama menegaskan kalau pandemi korona menjadi pengingat kritis kenapa kepemimpinan pemerintahan yang kuat sangat dibutuhkan saat krisis global. Konferensi itu juga mendorong para mantan staf pemerintahan Obama untuk ikut serta mendukung kampanye Biden. (Baca juga: Intelijen LIma Mata Tunjukan Bukti Bagaimana China Tipu Dunia Soal Covid-19)

Sementara itu, juru bciara Gedung Putih Kayleigh McEnany mengatakan, respons Trump terhadap virus korona sudah luar biasa dan menyelamatkan kehidupan rakyat AS. Dia menyindir upaya Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat pada tahun lalu yang berusaha memakzulkan Trump dan digagalkan kubu Republik di Senat. (Andika H Mustaqim)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak