China: AS Harus Lebih Rasional Dalam Merespon Perkembangan Kami

Kamis, 19 November 2020 - 20:12 WIB
loading...
China: AS Harus Lebih Rasional Dalam Merespon Perkembangan Kami
Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mengatakan, negaranya mengharapkan Amerika Serikat (AS) untuk mengubah pendiriannya dalam mengejar pembangunan China. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri China , Wang Yi mengatakan, negaranya mengharapkan Amerika Serikat (AS) untuk mengubah pendiriannya dalam mengejar pembangunan China. Dia berharap Washington melakukan pendekatan yang lebih objektif dan rasional.

"Alasan utama dari tantangan serius dalam hubungan China-AS (selama Pemerintahan Donald Trump) adalah bahwa beberapa politisi AS memandang hubungan tersebut dalam mentalitas 'permainan zero-sum' dan gagasan era Perang Dingin," ucap Wang Yi.

"Mereka tidak mau mengakui dan menghormati hak China atas pembangunan," sambung diplomat senior China tersebut, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (19/11/2020).

Dia menggambarkan pendekatan seperti itu oleh mitra AS sebagai sepihak dan agresif. Menurutnya, itu bertentangan dengan norma hubungan internasional dan aturan persaingan pasar yang sehat. ( )

Hubungan bilateral semakin memburuk pada musim panas 2018, ketika Washington menaikkan bea masuk atas impor China senilai USD 50 miliar dalam upaya untuk menyeimbangkan defisit perdagangan.

Sejak itu, kedua negara telah bertukar beberapa putaran tarif timbal balik dan melancarkan konfrontasi ekonomi yang brutal dengan dampak diplomatik, yang sering disebut sebagai perang dagang.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)