Donald Trump Akhirnya Akui Biden Menang Pilpres AS

Senin, 16 November 2020 - 05:19 WIB
loading...
Donald Trump Akhirnya Akui Biden Menang Pilpres AS
Presiden Donald Trump akhirnya akui rivalnya, Joe Biden, sebagai pemenang pilpres Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump akhirnya secara terbuka mengakui untuk pertama kalinya bahwa saingannya dari Partai Demokrat Joe Biden memenangkan pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 3 November. Tapi, dia menegaskan kembali klaim tanpa buktinya bahwa pemungutan suara pemilu dicurangi.

"Dia menang karena pemilu dicurangi," tulis Trump di Twitter pada hari Minggu, seperti dikutip Reuters, Senin (16/11/2020). (Baca: Panik dengan Hasil Pilpres AS, Donald Trump Jr Serukan Perang Total )

Calon presiden (capres) petahana Partai Republik itu belum mengakui Biden sebagai pemenang pilpres pada 7 November setelah hasil penghitungan suara di berbagai negara bagian menunjukkan capres Partai Demokrat itu unggul.

(Baca juga : Melihat Peluang Calon Kapolri Pasca Pencopotan Dua Kapolda )

Menurut Edison Research, Biden telah memenangkan 306 electoral votes dalam sistem Electoral College negara bagian yang menentukan pemenang pilpres AS , jauh lebih banyak daripada jumlah minimum yakni 270 electoral votes.

Sebaliknya, Trump menghabiskan hari-harinya dengan sedikit acara publik dan menekan tuduhan penipuan yang tidak berdasar di media sosial. (Baca juga: Trump Pecat Bos Pentagon, Persiapan Kudeta Militer terhadap Biden? )

Presiden AS itu juga telah menghentikan proses normal pemerintah dalam mempersiapkan pemerintahan kepresidenan baru, yang menurut kubu Demokrat dan beberapa anggota partai Republik memiliki implikasi keamanan nasional yang serius.

(Baca juga : Tanpa Disadari Ponsel Pintar Menyedot 9 Tahun Hidup Penggunanya )

Tim kampanye Trump dan Partai Republik juga berusaha untuk mengajukan kasus mereka di pengadilan di negara bagian medan pertempuran utama, tetapi telah ditolak secara luas.

Sementara itu, Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris telah bergerak maju dengan upaya transisi mereka, termasuk pengarahan tentang penanganan wabah Covid-19.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)